alexa snippet

Trump kepada Gubernur Guam: Anda Akan Aman

Trump kepada Gubernur Guam: Anda Akan Aman
Presiden AS Donald Trump menjamin keamanan Guam dari serangan rudal Korut. Foto/Ilustrasi/SINDOnews/Ian
A+ A-
HAGATNA - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menjamin keamanan Guam. Hal itu diungkapkannya saat berbicara dengan Gubernur Guam via sambungan telepon.

Sebuah klip video yang diposkan oleh Guam News di akun Twitter resminya menunjukkan Gubernur Eddie Calvo berbicara dengan Trump dengan telepon seluler di kantornya. Dia menghidupkan telepon ke speaker agar pemirsa bisa mendengar percakapan dengan jelas.

"Saya hanya ingin memberi penghormatan dan kami bersama Anda seribu persen, Anda akan aman. Kami bersama Anda 1.000 persen. Saya ingin menelepon Anda dan menyapa, apa kabar?" kata Trump.

"Bapak Presiden, sebagai gubernur Guam, perwakilan orang Guam, dan sebagai warga negara Amerika, saya merasa tidak pernah merasa aman dan percaya diri kepada Anda saat memimpin," kata gubernur sambil tersenyum seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (12/8/2017).

"Jangan khawatir. Saya harus mengatakan, Eddie, Anda akan menjadi sangat terkenal. Di seluruh dunia mereka berbicara tentang Guam dan mereka sedang membicarakan Anda," timpa Trump.

Video itu berlangsung sekitar 45 detik.

Ketegangan antara Korea Utara (Korut) dan AS meningkat minggu ini di tengah retorika yang semakin memanas antara Washington dan Pyongyang.

Dalam sebuah pernyataan, militer Korut mengatakan bahwa mereka akan menyiapkan sebuah rencana pada pertengahan Agustus untuk menyerang Guam, sebuah wilayah kepulauan AS di Pasifik Barat, dengan rudal jarak menengah.

Ini adalah tanggapan terhadap peringatan Trump yang sangat tidak biasa kepada Korut sebelumnya. Kala itu Trump Korut tidak bisa mengancam lebih banyak lagi ke AS dan akan disambut dengan api serta kemarahan yang belum pernah di lihat dunia.

Terbaru Trump mengatakan bahwa militer AS telah "dikunci dan diisi" untuk menangani masalah nuklir di Semenanjung Korea.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top