alexa snippet

Rusia Tolak Korut Punya Senjata Nuklir

Rusia Tolak Korut Punya Senjata Nuklir
Foto/Ilustrasi/SINDOnews/Ian
A+ A-
MOSKOW - Rusia tidak menerima Korea Utara (Korut) memiliki senjata nuklir. Hal itu ditegaskan oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Lavrov mencatat bahwa Korut pernah menandatangani Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir (NPT) namun kemudian mundur dari perjanjian itu.

"Sekarang Korut mengklaim memiliki hak legal untuk membuat senjata nuklir dan telah melakukannya. Tapi Anda tahu posisi kami: kami tidak menerima kenyataan bahwa Korea Utara bisa memiliki senjata nuklir," tegas Lavrov seperti disitir dari Russia Today, Sabtu (12/8/2017).

Baik Rusia dan China memiliki serangkaian proposal yang bertujuan untuk mencegah apa yang bisa menjadi salah satu konflik terdalam dan krisis dengan jumlah korban yang besar.

Baca juga:
Ini Cara Rusia dan China Cegah Perang AS-Korut


Menurut menteri luar negeri Rusia, ada risiko kuat bahwa Washington dan Pyongyang dapat terlibat dalam konflik militer.

"Ada ancaman langsung untuk menggelar kekuatan militer. Sisi yang lebih kuat dan pandai harus mengambil langkah pertama untuk meredakan ketegangan," katanya.

AS dan Korut terlibat perang retorika yang memicu eskalasi di Semenanjung Korea. Korut mengancam akan menyerang pangkalan militer AS di Guam setelah sebelumnya Presiden AS Donald Trump menyatakan setiap serangan Pyongyang akan mendapatkan balasan api dan kemarahan yang tidak pernah di lihat dunia sebelumnya.



(ian)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top