alexa snippet

Kapal Perusak AS Menantang China atas Klaim Laut China Selatan

Kapal Perusak AS Menantang China atas Klaim Laut China Selatan
Kapal perusak Angkatan Laut Amerika Serikat, USS John S. McCain. Foto/US Navy
A+ A-
WASHINGTON - Kapal perusak Angkatan Laut Amerika Serikat, USS John S. McCain, bernavigasi di dekat pulau buatan China di Laut China Selatan pada hari Kamis. Patroli dengan dalih “operasi kebebasan navigasi” itu merupakan langkah menantang China atas klaim maritim yang disengketakan Beijing dengan sejumlah negara.

Seorang pejabat Washington mengatakan, kapal USS John S. McCain melintasi sebuah pulau di dekat Mischief Reef di Kepulauan Spratly. Ini merupakan misi ketiga Angkatan Laut AS sejak Donald Trump menjabat presiden untuk menantang China atas klaim maritim tersebut.

Pejabat yang berbicara dalam kondisi anonim kepada Reuters mengatakan, kapal perusak tipe Arleigh Burke-class berlayar dalam jarak 12 mil laut dari pulau buatan Beijing.

Seorang pejabat Angkatan Laut AS kepada Fox News yang dilansir Jumat (11/8/2017), juga mengonfirmasi operasi kapal perusak tersebut. Kapal itu bernavigasi dengan pesawat pengintai Angkatan Laut AS P-8, namun pesawat itu tetap berada di luar wilayah udara yang diklaim Beijing.

Pada Mei lalu, kapal USS Dewey berlayar di Mischief Reef dengan misi serupa. Kemudian pada bulan Juli kapal USS Stethem juga berlayar melewati pulau lain di Laut China Selatan yang diklaim oleh Beijing, Taiwan dan Vietnam.

China telah terlibat sengketa teritorial di Laut China Selatan dengan lima negara regional, termasuk  Brunei, Malaysia dan Filipina. Kawasan itu diperebutkan karena kaya akan sumber energi dan menjadi jalur transportasi utama kapal dagang dunia.

AS tidak terlibat sengketa, namun menentang klaim Beijing atas hampir seluruh kawasan Laut China Selatan. Washington menegaskan, kawasan laut itu harus menjadi ruang netral internasional yang dijamin kebebasannya.

Nama kapal USS John S. McCain diambil dari nama ayah dan kakek Senator John McCain, dimana keduanya merupakan laksamana di Angkatan Laut AS. Kapal tersebut bagian dari Armada Ketujuh yang berbasis di Yokosuka, Jepang.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top