Bayi Lelaki di India Terlahir Dalam Kondisi 'Hamil'

Selasa, 01 Agustus 2017 - 10:56 WIB
Bayi Lelaki di India Terlahir Dalam Kondisi Hamil
Bayi Lelaki di India Terlahir Dalam Kondisi 'Hamil'
A A A
THANE - Seorang bayi lelaki terlahir dengan kondisi “mengandung” kembarannya. Kondisi itu membuat dokter yang menanganinya tercengang.

Dalam perut bayi itu terdapat saudara kembarnya yang dalam kondisi setengah terbentuk. Panjang janin yang sudah terbentuk anggota badan dan otak itu sekitar 7cm.

Kondisi “kehamilan kembar” merupakan kasus langka, yakni kurang dari 200 kasus yang tercatat di dunia. Bayi yang “hamil” kembarannya sendiri itu dinyatakan sehat.

Para dokter berhasil melakukan operasi untuk mengangkat janin 7cm tersebut.

Ibu bayi itu berusia 19 tahun asal Mumbra, Kota Thane dekat Mumbai. Sang ibu juga dinyatakan sehat.

Ginekolog, Dr Neena Nichlani, telah menjelaskan kasus langka ini. “Ini adalah kasus kehamilan kembar monozigot yang berbagi satu plasenta, di mana satu janin membungkus dirinya dan menyelimuti yang lain serta merebut nutrisinya,” katanya.

”Bisa ditanamkan di tengkorak, perut atau tulang ekor ‘tuan rumah’ (bayi yang ‘hamil’). Terkadang hal itu juga bisa mengakibatkan kematian bagi ‘tuan rumah’ karena keduanya mendapatkan nutrisi dari satu tali,” ujar Nichlani.

”Bayi parasit itu terbaring di belakang perut yang mendapatkan nutrisi dari ‘tuan rumah’. Bayi parasit telah dikirim untuk pemeriksaan lebih lanjut,” lanjut dia, yang dilansir dari Daily Mirror, Selasa (1/8/2017).

”Bayi parasit adalah lelaki dengan panjang sekitar 6 sampai 7cm, beratnya sekitar 150g dan perkembangan abnormal.”

Ahli radiologi Dr Bhavna Thorat melihat kelainan tersebut selama pemindaian rutin sang ibu di Bilal Hospital di Mumbra pada awal Juli lalu.

Saat bayi lahir sembilan hari kemudian pada tanggal 20 Juli 2017, dia mengamati bayi itu dan menemukan ada "bayi kecil lain" di dalam perut bayi yang baru lahir tersebut.

“Itu ada di dalam kantung janin bayi yang baru lahir,” kata Thorat. ”Saya bisa melihat tulang anggota tubuh bagian atas dan bawah janin,” ujarnya.

“Hal yang unik tentang itu adalah saya bisa melihat sebuah kepala kecil dengan otak di dalamnya. Namun, kembar parasit ini tidak memiliki tulang tengkorak.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3089 seconds (0.1#10.140)