Lokasi Mal Pelayanan Publik yang Tersebar di Jabodetabek Berikut Layanannya

Rabu, 11 Oktober 2023 - 05:36 WIB
loading...
Lokasi Mal Pelayanan Publik yang Tersebar di Jabodetabek Berikut Layanannya
Sejumlah Mal Pelayanan Publik (MPP) saat ini tersedia di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Foto: Antara
A A A
JAKARTA - Sejumlah Mal Pelayanan Publik (MPP) saat ini tersedia di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Mal Pelayanan Publik hadir dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang prima dan profesional kepada masyarakat.

MPP merupakan terobosan revolusioner yang dilakukan pemerintah dalam rangka memberikan kemudahan, kenyamanan, serta layanan pasti untuk masyarakat yang ingin mengurus perizinan dari seluruh aspek.


MPP didirikan berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017. Diawali pada tahun 2017 di Jakarta, MPP kini sudah tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Kementerian PANRB mencatat saat ini jumlah MPP di Indonesia telah mencapai 152 di berbagai daerah Tanah Air. Di wilayah Jabodetabek terdapat sembilan lokasi MPP. Berikut lokasi Mal Pelayanan Publik yang tersebar di Jabodetabek:

1. MPP DKI Jakarta

Lokasi: Kantor baru DPMPTSP DKI, Jalan HR Rasuna Said Kav C 22, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.

2. MPP Kota Bogor

Lokasi: Lantai dasar Lippo Plaza Keboen Raya, Jalan Pajajaran, Kota Bogor.

3. MPP Kabupaten Bogor

Lokasi: Lantai B2 AEON Mall Sentul, Babakan Madang.

4. MPP Kota Depok

Lokasi: Sisi kanan bagian dalam Gedung Baleka 1 atau depan ruang DMPTSP Kota Depok, Balai Kota.

5. MPP Kota Tengerang

Lokasi: Ruang City Gallery, Gedung Pusat Pemerintahan (Puspem) Tangerang, Jalan Satria-Sudirman No 1, Sukaasih, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

6. MPP Kota Tangerang Selatan

Lokasi:Jalan Pahlawan Seribu, Cilenggang, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan.

7. MPP Kabupaten Tangerang

Lokasi: Mal Ciputra, Jalan Citra Raya Boulevard No.01, Ciakar, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang.

8. MPP Kota Bekasi

Lokasi: Pusat perbelanjaan BTC MAL lantai Ground Floor, Jalan HM Joyo Martono, Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

8. MPP Kabupaten Bekasi

Lokasi: Lotte Grosir Cikarang, Jalan Kp Pilar, Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

Mal Pelayanan Publik melayani mulai dari bidang kependudukan dan catatan sipil, usaha, keimigrasian, kepolisian, pajak dan retribusi, izin agraria dan tata ruang, utilitas listrik PLN, BPJS, BUMN, serta berbagai pelayanan publik swasta lainnya dalam satu tempat.

Untuk mencegah pungli, seluruh biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat harus melalui mesin pembayaran EDC, sehingga tidak ada transaksi tunai. Jadi, inovasi Mal Pelayanan Publik berkonsep modern ini dalam rangka mempermudah segala pelayanan yang dibutuhkan warga.

Melalui Mal Pelayanan Publik ini seluruh jenis pelayanan publik baik dari tingkat pusat maupun daerah, terintegrasi secara online. MPP mengintegrasikan pelayanan publik secara aman, nyaman dan hemat waktu, sehingga masyarakat dapat dilayani secara cepat dan hemat waktu di satu tempat.

Penyelenggaraan MPP dikoordinir oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Mulai dari instansi vertikal hingga swasta dapat memberikan pelayanan melalui gerai-gerai pelayanan, baik perizinan maupun non perizinan di dalam satu lokasi.

Instansi penyelenggara pelayanan dapat bergabung dengan MPP dengan terlebih dahulu membuat Nota Kesepahaman yang dilanjutkan dengan Perjanjian Kerjasama rangka penggunaan dan pemanfaatan sumber daya. Termasuk penggunaan ruangan dalam gedung dan sarana prasarana/fasilitas.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1150 seconds (0.1#10.140)