5 Kampus dengan Jurusan Olahraga Terbaik di Indonesia, No 4 dari Luar Pulau Jawa

Rabu, 11 Oktober 2023 - 07:36 WIB
loading...
5 Kampus dengan Jurusan Olahraga Terbaik di Indonesia, No 4 dari Luar Pulau Jawa
Berikut ini adalah 5 kampus dengan jurusan Olahraga terbaik di Indonesia. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah Olahraga adalah program pendidikan tinggi yang memiliki fokus pada studi dan pengembangan dalam berbagai aspek dunia olahraga. Jurusan ini dapat ditemukan di berbagai universitas di Indonesia.

Prospek kerja di jurusan ini adalah berkarier di bidang olahraga, baik sebagai atlet, pelatih, fisioterapis olahraga, ahli gizi, dan beberapa peran lain yang memiliki keterkaitan dalam dunia olahraga.

Berikut ini adalah 5 kampus dengan jurusan Olahraga terbaik di Indonesia:

1. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)


Memiliki akreditasi Unggul pada program jurusan S1 Ilmu Keolahragaan menjadikan UPI sebagai kampus yang memiliki jurusan olahraga terbaik di Indonesia. UPI mempunyai Fakultas olahraga yaitu, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) dan menaungi beberapa jurusan yaitu, Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO), Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Ilmu Keolahragaan (IKOR), PGSD Penjas, dan Keperawatan.

Baca juga: Gelar Profesi Jurusan Soshum dan Saintek serta Penulisan yang Benar Sesuai EYD

2. Universitas Negeri Semarang (Unnes)


Universitas Negeri Semarang atau disingkat Unnes merupakan kampus negeri dan untuk jurusan S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga terakreditasi Unggul oleh BAN-PT.

Unnes memiliki fakultas olahraga yaitu, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) dan terdapat 4 jurusan di antaranya, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKLO), Ilmu Keolahragaan (IKOR), dan Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM).

3. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)


Sebelum menjadi Universitas Negeri Jakarta, dahulu namanya adalah IKIP Jakarta yang berdiri pada 16 Mei 1964. Setelah keluarnya Keppres tanggal 4 Agustus 1999 berubah nama menjadi Universitas Negeri Jakarta yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia saat itu.

UNJ mempunyai fakultas olahraga yaitu Fakultas Ilmu keolahragaan (FIK), mengelola tiga Jurusan dan lima Program Studi yaitu jurusan Sosiokinetika (Olahraga Pendidikan), Jurusan Somatokinetika (Olahraga Prestasi), dan Jurusan Antropokinetika (Olahraga Rekreasi), dan jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga terakreditasi Unggul BAN PT.

Baca juga: 9 Prospek Kerja Lulusan Jurusan Kuliah Teknik Sipil, Insinyur hingga Akademisi

4. Universitas Negeri Makassar (UNM)

UNM memiliki Fakultas Ilmu Keolahragaan yang awalnya adalah sebuah jurusan Pendidikan Jasmani dalam lingkup FKIP. Jurusan Ilmu Keolahragaan UNM memiliki akreditasi Unggul BAN-PT.

Seiring dengan konversi IKIP menjadi Universitas Negeri Makassar (UNM) sejak tahun 1999 berdasarkan keputusan Presiden No.93 tahun 1999 tanggal 4 Agustus 1999, FPOK juga mengalami perubahan menjadi Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNM.

5. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)


UNY memiliki Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan dengan jenjang S1. Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga dan Ilmu Keolahragaan UNY sama-sama berakreditasi Unggul dari BAN-PT.

Fakultas Keolahragaan dan Kesehatan UNY dilengkapi dengan fasilitas kolam renang, fitness center, lapangan tenis, lab terapi dan rehabilitasi, lab anatomi, lab fisiologi, lab histologi, wisma, dan fasilitas lainnya.

MG/Maulana Muhammad Rizqi
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4268 seconds (0.1#10.140)