Bertemu Abbas, Jinping Tegaskan Dukungan China untuk Palestina

Kamis, 20 Juli 2017 - 01:34 WIB
Bertemu Abbas, Jinping Tegaskan Dukungan China untuk Palestina
Bertemu Abbas, Jinping Tegaskan Dukungan China untuk Palestina
A A A
BEIJING - Presiden China, Xi Jinping mengatakan Beijing akan terus mendukung rakyat Palestina. Hal itu diungkapkannya dalam sebuah konferensi pers bersama mitranya Presiden Palestina, Mahmoud Abbas.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas berada di China untuk melakukan pembicaraan dengan Xi Jinping. Keduanya juga telah menandatangani beberapa kesepakatan kerjasama.

Menurut kantor berita Palestina Wafa, Jinping mengatakan China akan terus mendukung pergerakan dan perjuangan Palestina untuk mendapatkan kembali hak nasional mereka terlepas dari perkembangan internasional. Ia pun menyatakan akan terus memberikan bantuan kepada rakyat Palestina.

Jinping juga dilaporkan menyatakan bahwa China mengikuti perkembangan "kepentingan" dalam proses perdamaian yang dipimpin Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump antara warga Palestina dan Israel seperti dikutip dari Middle East Monitor, Kamis (20/7/2017).

Abbas pun mengucapkan terima kasih kepada Jinping atas dukungannya yang terus berlanjut untuk Palestina.

"China tetap menjadi sahabat terbaik rakyat kita dan pendukung terbaik perjuangan nasional kita," katanya.

Dalam kunjungan tersebut, Abbas mengalungkan Jinping dengan Medali Emas Palestina dalam sebuah upacara penghormatan.

Abbas dan Xi juga dilaporkan menandatangani empat kesepakatan untuk memperbaiki kerjasama ekonomi, teknis, budaya dan peningkatan kapasitas antara kedua negara.

Abbas mendarat di China pada hari awal pekan ini. China adalah salah satu negara pertama yang mengakui negara Palestina pada tahun 1988 dan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), yang membuka kedutaan di Beijing pada tahun 1974.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3717 seconds (0.1#10.140)