alexa snippet

Rusia Pertimbangkan Kekhawatiran Israel di Suriah

Rusia Pertimbangkan Kekhawatiran Israel di Suriah
Lavrov menuturkan Rusia dan Amerika Serikat (AS) akan memastikan bahwa kepentingan Israel tercermin saat zona de-eskalasi di Suriah terbentuk. Foto/Reuters
A+ A-
MOSKOW - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menuturkan, Rusia dan Amerika Serikat (AS) akan memastikan bahwa kepentingan Israel tercermin saat zona de-eskalasi di Suriah terbentuk. Sebelumnya, Israel mendesak AS dan Rusia mempertimbangkan kepentingan mereka dalam pembentukan zona tersebut.

"Saya dapat menjamin bahwa kita telah melakukan segalanya dan pihak AS telah melakukan segalanya untuk memastikan bahwa kepentingan keamanan Israel dalam kerangka ini sepenuhnya diperhitungkan," kata Lavrov, seperti dilansir Sputnik pada Senin (17/7).

Dia kemudian mengatakan persiapan untuk merealisasikan kesepakatan 7 Juli antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden AS Donald Trump untuk melaksanakan gencatan senjata regional tengah berlangsung. Persiapan ini akan melibatkan semua pihak, termasuk Israel.

Kemarin, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyuarakan penentangannya terhadap kesepakatan Rusia-AS mengenai gencatan senjata, Ini karena Israel Netanyahu kesepakatan tersebut menjamin kehadiran Iran di Suriah yang dilanda perang.

Sementara itu, Boris Dolgov, pengamat dari Pusat Studi Arab untuk Studi Arab dan Islam Timur Tengah, menuturkan keputusan Israel untuk menolak gencatan senjata Suriah sama dengan deklarasi dukungan terhadap kelompok teroris.

Dolgov menyebut, salah satu alasan Israel menolak gencatan senjata itu, karena Tel Aviv tidak lagi bisa menyerang Hizbullah, atau kelompok lain yang di dukung Iran di Suriah.

"Israel, tampaknya, tidak setuju dengan fakta sebagai hasil kesepakatan gencatan senjata, tindakan militan terhadap Hizbullah akan dihentikan. Ini menunjukkan bahwa Israel, sayangnya, telah memihak kelompok-kelompok ini," ungkapnya.
(esn)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top