alexa snippet

Trump Pertimbangkan Batal Mundur dari Perjanjian Paris

Trump Pertimbangkan Batal Mundur dari Perjanjian Paris
Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Presiden AS Donald Trump menghadiri parade militer Hari Bastille di Champs-Elysees di Paris Foto/REUTERS/Charles Platiau.
A+ A-
PARIS - Presiden Prancis Emmanuel Macron berharap Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, akan membatalkan putusannya terkait perjanjian iklim Paris. Trump sebelumnya memutuskan AS keluar dari kesepakatan itu.

"Trump mengatakan kepada saya bahwa ia akan mencoba menemukan solusi dalam beberapa bulan mendatang," kata Macron seperti disitir Reuters dari surat kabar mingguan Le Journal du Dimanche (JDD), Minggu (16/7/2017).

"Kami berbicara secara rinci tentang hal-hal yang bisa membuatnya kembali ke kesepakatan Paris," tambahnya.

Trump mengatakan bahwa kesepakatan Paris sangat lunak terhadap pelaku pencemaran udara utama seperti China dan India, yang menempatkan industri AS pada risiko.

Trump pada hari Jumat tampaknya menahan pintu terbuka terhadap perubahan posisi pada kesepakatan perubahan iklim Paris 2015 yang telah menarik Amerika Serikat dari awal tahun ini.

Kesepakatan tersebut, yang dicapai hampir 200 negara pada tahun 2015, dimaksudkan untuk membatasi pemanasan global hingga 2 derajat atau kurang pada tahun 2100, terutama melalui janji untuk mengurangi karbon dioksida dan emisi lainnya dari pembakaran bahan bakar fosil.

Trump berulang kali mengatakan bahwa dia akan terbuka untuk kesepakatan yang lebih baik untuk AS.
(ian)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top