Lama Menghilang, Istri Jong-un Muncul dalam Acara Jamuan Makan

Kamis, 13 Juli 2017 - 15:21 WIB
Lama Menghilang, Istri Jong-un Muncul dalam Acara Jamuan Makan
Lama Menghilang, Istri Jong-un Muncul dalam Acara Jamuan Makan
A A A
SEOUL - Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, menyelenggarakan sebuah perjamuan yang menghormati para pengembang rudal balistik antarbenua yang baru saja diuji oleh negaranya. Satu yang menjadi perhatian dan tamu istimewa dalam acara tersebut adalah penampilan langka istri dari Kim Jong-un, Ri Sol-ju.

Cuplikan jamuan makan itu muncul pada hari Selasa lalu di Korut. Penyiar stasiun televisi KRT menunjukkan Jong-un dan istrinya, Sol-ju, duduk di sebuah meja yang penuh dengan buah, minuman, dan rangkaian bunya yang besar. Tampak pula sebuah model miniatur peluncur rudal.

Disitir ABC News.go dari kantor berita Korea Selatan (Korsel) Yonhap, Kamis (13/7/2017), ini adalah pertama kalinya istri cantik pemimpin Korut itu tampil di publik sejak Maret lalu.

Sistem kerja internal rezim Korut dan keluarga Kim masih tetap misteri bagi para pengamat asing, yang mempelajari penampilan pejabat dan kerabat pemimpin untuk mengetahui petunjuk perkembangan di negara yang tertutup itu.

Korut pertama kalinya mengkonfirmasi bahwa Ri Sol-ju telah menikah dengan Kim Jong-un pada tahun 2012. Sejak saat itu, ia jarang tampil di depan umum.

Video perjamuan tersebut menunjukkan para peserta duduk mengelilingi meja bundar. Mereka kemudian berdiri dan bertepuk tangan saat Jong-un dan yang lainnya di mejanya tampak berbagi roti panggang. Sebuah layar di atas panggung menunjukkan foto Jong-un yang menandatangani perintah untuk uji tembak rudal balistik antar benua (ICBM).

Seperti diketahui, Korut telah melakukan uji coba ICBM pada 4 Juli lalu. Langkah tersebut disambut dengan kecaman internasional.

Korut sendiri telah meluncurkan sejumlah rudal dalam beberapa bulan terakhir namun telah merayakan uji coba ICBM lebih banyak daripada yang lain. Televisi pemerintah pekan lalu menyiarkan cuplikan sebuah demonstrasi di Pyongyang yang menandai kesempatan tersebut, dan minggu ini menunjukkan video Jong-un menghadiri sebuah konser merayakan peluncuran tersebut.

Baca Juga: Kim Jong-un Hadiri Pesta Keberhasilan Peluncuran Rudal ICBM
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4848 seconds (0.1#10.140)