Baghdadi Sang Hantu: Bos Teroris Dunia yang Low Profile

Rabu, 12 Juli 2017 - 09:34 WIB
Baghdadi Sang Hantu: Bos Teroris Dunia yang Low Profile
Baghdadi Sang Hantu: Bos Teroris Dunia yang Low Profile
A A A
BAGHDAD - Bijaksana di masa mudanya dan tidak terlihat sebagai orang yang dicari di dunia, Abu Bakr al-Baghdadi dilaporkan tewas pada hari Selasa kemarin karena kekhalifahan lintas batasnya berantakan. Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan kematian pemimpin teroris yang tertutup itu dikonfirmsi oleh komandan tingkat atas dari ISIS.

Pria Irak berusia 46 tahun, yang dijuluki "Sang Hantu", belum tampil di depan umum sejak dia menyampaikan sebuah khotbah di masjid al-Nouri yang terkenal di Mosul pada tahun 2014. Saat itu ia menyatakan dirinya sebagai "khalifah".

Usahanya untuk membangun sebuah negara jihad sejak saat itu menghadapi kemunduran besar.

Irak telah mengumumkan kemenangan atas ISIS di Mosul. Kekalahan itu menyusul hilangnya wilayah di Irak dan Suriah, di mana pasukan yang didukung Amerika Serikat (AS) terus menekan dengan menyerang markas mereka di Raqqa.

Baghdadi telah dikabarkan terluka atau terbunuh beberapa kali di masa lalu. Sementara dia dikatakan telah meninggalkan Mosul awal tahun ini, keberadaannya tidak pernah dikonfirmasi.

Mempunyai sikap low profile, berbeda dengan pemimpin al-Qaeda Osama bin Laden, membantu Baghdadi bertahan selama bertahun-tahun meskipun hadiah sebesar USD 25 juta disiapkan untuk kepalanya.

Seperti dikutip dari AFP, Rabu (12/7/2017), sosok bernama asli Ibrahim Awwad al-Badri ini berasal dari kehidupan sederhana yang lantas menjadi penguasa negara teroris yang menguasai jutaan penghuni.

Ia lahir di Samarra, sebelah utara Baghdad. Hasil sekolahnya yang tinggi tidak cukup baik untuk sekolah hukum dan penglihatannya yang buruk mencegahnya bergabung dengan tentara. Jadilah ia pindah ke Baghdad untuk belajar Islam, menetap di lingkungan Tobchi.

Setelah pasukan pimpinan AS menyerang Irak pada tahun 2003, dia mendirikan pakaian pemberontaknya sendiri. Meski tidak pernah melakukan serangan besar, dan pada saat dia ditangkap pada bulan Februari 2004 dan ditahan di Kamp Bucca militer AS, dia masih merupakan jihadis tingkat kedua atau ketiga.

Penjara di Irak selatan, yang kemudian dijuluki "Universitas Jihad", adalah tempat ia mulai menunjukkan tanda-tanda kepemimpinan.

Dia dibebaskan pada akhir tahun 2004 karena kurangnya bukti. Petugas keamanan Irak kemudian menangkapnya, pada 2007 dan 2012, tapi membiarkan dia pergi karena mereka tidak tahu siapa dia.

Pada tahun 2005, dia berjanji setia kepada Abu Musab al-Zarqawi, pemimpin yang brutal dari afiliasi al-Qaeda setempat. Zarqawi dibunuh oleh serangan pesawat tak berawak AS pada tahun 2006. Setelah penggantinya juga tersingkir, Baghdadi memimpin kelompok tersebut pada tahun 2010.

Dia menghidupkan kembali Negara Islam Irak (ISI), yang kemudian menyatakannya independen terhadap Al-Qaeda. Kelompok ini kemudian berkembang ke Suriah pada tahun 2013 kemudian melancarkan serangan yang menyapu Irak utara pada tahun 2014.

Baghdadi dibesarkan di sebuah keluarga yang terbagi antara klan religius dan petugas yang setia pada partai Baath sekuler Saddam Hussein.

Bertahun-tahun kemudian, organisasi jihadisnya menggabungkan mantan Baathist, memanfaatkan kepahitan yang dirasakan banyak perwira setelah keputusan AS untuk membubarkan tentara Irak pada tahun 2003.

Itu memberi kepemimpinannya legitimasi militer yang dia sendiri sangat lemah dan membentuk tulang punggung yang kokoh dari apa yang akan menjadi ISIS, menggabungkan propaganda religius yang ekstrem dengan efisiensi gerilya yang ganas.

Teramat tidak biasa dan kemampuan orator yang rata-rata, Baghdadi digambarkan oleh mantan istrinya yang terguling Saja al-Dulaimi, yang sekarang tinggal di Lebanon, sebagai "keluarga normal" yang baik dengan anak-anak.

Dia diperkirakan memiliki tiga istri, Asma al-Kubaysi, Isra al-Qaysi - dari Irak dan Suriah dan satu lagi, baru-baru ini, dari Teluk.

Dia telah dituduh berulang kali memperkosa anak perempuan dan wanita yang dia simpan sebagai budak seks, termasuk gadis Yazidi pra-remaja dan pekerja bantuan AS Kayla Mueller, yang kemudian dibunuh.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3204 seconds (0.1#10.140)