alexa snippet

Mesir: Kami Terus Berusaha Ubah Kebijakan Qatar

Mesir: Kami Terus Berusaha Ubah Kebijakan Qatar
Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry menuturkan, Mesir, Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), dan Bahrain masih berusaha untuk mengubah kebijakan Qatar. Foto/Istimewa
A+ A-
KAIRO - Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry menuturkan, Mesir, Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), dan Bahrain masih berusaha untuk mengubah kebijakan Qatar. Hal itu diungkapkan Shoukry saat melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Uni Eropa (UE) Federica Mogherini.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Mesir menyebut, dalam pembicaraan tersebut Shoukry menyatakan empat negara Arab yang memboikot Qatar akan mengejar komitmen mereka untuk mengubah kebijakan Doha.

"Shoukry mengkonfirmasi tekad Mesir, Arab Saudi, UEA, dan Bahrain untuk mengubah kebijakan Qatar yang merupakan penyebab destabilisasi di wilayah tersebut dengan membiayai serta melindungi organisasi teroris," kata kemlu Mesir, seperti dilansir Sputnik pada Senin (10/7).

Pada tanggal 5 Juni, Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dan komunikasi dengan Qatar, menuduhnya mendukung terorisme dan mencampuri urusan dalam negeri mereka.

Pada tanggal 23 Juni Kuwait, yang bertugas sebagai mediator antara Qatar dan negara-negara Teluk, menyerahkan tuntutan Arab Saudi, Mesir, UEA dan Bahrain ke Doha. Permintaan tersebut mencakup pemutusan hubungan Qatar dengan Iran, penutupan pangkalan militer Turki di wilayah Qatar dan  penutupan saluran TV Al Jazeera. Qatar melewatkan tenggat waktu untuk respon yang ditetapkan pada hari Senin, dan menyebut tuntutan tersebut tidak masuk akal.
(esn)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top