7 Fakta Dolar Amerika Serikat, Mata Uang Internasional di Beberapa Negara

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 14:44 WIB
loading...
7 Fakta Dolar Amerika Serikat, Mata Uang Internasional di Beberapa Negara
Dolar Amerika Serikat (AS) merupakan mata uang internasional yang digunakan secara luas di seluruh dunia. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dolar Amerika Serikat (AS) merupakan mata uang internasional yang digunakan secara luas di seluruh dunia. Dolar juga menjadi mata uang resmi di beberapa negara lain.

Mata uang dolar AS memiliki sejarah yang panjang sejak pertama kali dicetak Sebagai salah satu mata uang terkuat di dunia, sejauh ini masih banyak negara yang sangat bergantung dengan nilai dolar.

Dibalik kekuatan dolar sebagai mata uang internasional, ada beberapa fakta mengenai Dollar yang perlu diketahui. Berikut adalah tujuh fakta menarik tentang dolar Amerika Serikat.

Fakta Dolar Amerika Serikat


1. Simbol $


Singkatan "Ps" untuk peso adalah asal muasal simbol "$". Teori ini didukung oleh faktur tahun 1778 yang ditulis oleh Oliver Pollock, seorang pemodal Revolusi Amerika, di mana huruf P dalam singkatan Ps tampak ditumpangkan pada huruf s. Ini membaginya menjadi dua.



Meskipun ada kemiripan antara tulisan tangan Oliver Pollock dan tanda dolar, bukti menunjukkan penggunaan simbol ini pada zaman sekarang atau kemungkinan kesalahan Pollock terbatas.

2. Cadangan Mata Uang Dunia


Dolar Amerika Serikat juga sering digunakan sebagai cadangan devisa oleh banyak negara di seluruh dunia. Dalam hal ini, Amerika Serikat adalah pemilik terbesar cadangan devisa dalam bentuk dolar dengan persentase yang sangat tinggi.

Cadangan devisa ini digunakan untuk menjaga stabilitas ekonomi dan mengatasi potensi tekanan keuangan.

3. Mata Uang Internasional


Dolar Amerika Serikat adalah mata uang yang paling banyak digunakan di dunia dalam perdagangan internasional.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3594 seconds (0.1#10.140)