Presiden Korsel Sebut Uji Coba Rudal Korut Provokasi Nuklir

Sabtu, 08 Juli 2017 - 05:42 WIB
Presiden Korsel Sebut Uji Coba Rudal Korut Provokasi Nuklir
Presiden Korsel Sebut Uji Coba Rudal Korut Provokasi Nuklir
A A A
HAMBURG - Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in mengatakan bahwa dia mendukung dialog dengan Korea Utara (Korut) meskipun negara itu telah melakukan provokasi nuklir. Korut sebelumnya telah melakukan peluncuran uji coba rudal antar benua yang mampu membawa hulu ledak nuklir.

Berbicara setelah bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada pertemuan puncak G20 di Hamburg, Moon juga mengatakan bahwa dia melihat peran Putin untuk membantu mengatasi krisis di Semenanjung Korea seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (8/7/2017).

Putin sendiri telah memperingatkan para pihak terkait untuk tidak kehilangan kontrol berkenaan dengan ambisi nuklir Korut. Ia mendesak pendekatan pragmatis, akurat terhadap program rudal Pyongyang.

Korut melakukan uji coba rudal balistik tepat sebelum para pemimpin dari kelompok negara 20 melakukan pertemuan. Pertemuan itu akan membahas langkah-langkah untuk mengendalikan program senjata Korut, yang telah dilakukan untuk menghindari sanksi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Kantor berita milik Korut, KCNA, mengatakan bahwa rudal balistik tersebut mempunyai kemampuan untuk mengangkut hulu ledak nuklir dalam jumlah besar. KCNA melaporkan bahwa rudal ICBM Hwasong-14 terbang sejauh 933 km. Rudal tersebut mampu mencapai ketinggian 2.802 km dalam penerbangan selama 39 menit.

KCNA menyatakan uji coba tersebut berhasil memverifikasi persyaratan teknis ICBM yang baru dikembangkan dalam tahap pemisahan, masuk kembali hulu ledak ke atmosfer dan kontrol tahap akhir terhadap hulu ledak.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4566 seconds (0.1#10.140)