Jepang Kecam Keras Peluncuran Rudal Tebaru Korut

Selasa, 04 Juli 2017 - 14:47 WIB
Jepang Kecam Keras Peluncuran Rudal Tebaru Korut
Jepang Kecam Keras Peluncuran Rudal Tebaru Korut
A A A
TOKYO - Pemerintah Jepang melemparkan kecaman keras atas peluncuran rudal terbaru yang dilakukan oleh Korea Utara (Korut). Tokyo menilai peluncuran rudal tersebut adalah tindakan provokasi Pyongyang, dan memberikan ancaman serius pada keamanan di kawasan.
"Peluncuran rudal tersebut merupakan masalah serius dalam hal keamanan bagi pesawat terbang dan kapal, dan ini merupakan pelanggaran mencolok terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB," kata Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga.
"Negara kita menganggap bahwa provokasi berulang Korut tidak dapat diterima. Jepang mengemukakan protes kuat ke Korut, dan mengekspresikan kecaman kepada Korut," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (4/7).
Dia menambahkan, Perdana Menteri Shinzo Abe memerintahkan pemerintah Jepang untuk memastikan keamanan kepada pesawat, kapal dan warga Jepang, dan untuk memastikan bahwa negara tersebut siap menghadapi situasi darurat.
Seperti diketahui, Korut menembakkan rudal balistik ke Laut Timur dari sekitar Banghyon, Provinsi Pyongan Utara. Rudal tersebut diketahui jatuh di wilayah Zona Ekonomi Esklusif (ZEE) Jepang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3287 seconds (0.1#10.140)