PM Inggris Rishi Sunak Dilaporkan ke Polisi

Kamis, 05 Oktober 2023 - 06:20 WIB
loading...
PM Inggris Rishi Sunak Dilaporkan ke Polisi
Perdan Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak dilaporkan ke polisi Skotlandia atas leluconnya terhadap Nicola Sturgeon. Foto/CNBC
A A A
LONDON - Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak dilaporkan ke Polisi Skotlandia atas komentarnya tentang Nicola Sturgeon dalam pidato konferensi Partai Konservatif.

Sekretaris Jenderal Partai Alba, Chris McEleny, mengatakan kepada Sky News bahwa dia telah mengajukan pengaduan dan meminta penyelidikan apakah Sunak mungkin melakukan penghinaan terhadap pengadilan dengan menyebut mantan menteri pertama Skotlandia, yang sedang menjalani penyelidikan langsung oleh polisi.

Sebelumnya, Sunak melontarkan lelucon tentang Sturgeon dalam pidatonya di depan anggota Partai Konservatif pada konferensi tahunan di Manchester pada hari Rabu.

Sturgeon, yang mengundurkan diri sebagai menteri pertama pada bulan Februari, ditangkap dan diinterogasi pada bulan Juni sebagai bagian dari penyelidikan Polisi Skotlandia terhadap keuangan SNP tetapi kemudian dibebaskan tanpa tuduhan.



Dia dengan tegas membantah melakukan kesalahan.

"Perdana Menteri mengomentari dan membuat asumsi mengenai penyelidikan langsung yang dilakukan oleh Polisi Skotlandia," bunyi laporan McEleny.

"Operasi Branchform sedang menyelidiki masalah serius yang paling penting bagi rakyat Skotlandia," sambungnya.

“Terlalu penting untuk membiarkan campur tangan perdana menteri dalam tindakan penghinaan ini ketika banyak orang menunggu fakta penyelidikan Polisi Skotlandia," ia menambahkan.

"Operasi Branchform harus bebas melakukan penyelidikannya tanpa rasa takut tanpa campur tangan Rishi Sunak," tegasnya seperti dikutip dari Sky News, Kamis (5/10/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)