Presiden Jokowi Tunjuk Mentan Ad Interim setelah Syahrul Yasin Limpo Hilang

Selasa, 03 Oktober 2023 - 18:13 WIB
loading...
Presiden Jokowi Tunjuk Mentan Ad Interim setelah Syahrul Yasin Limpo Hilang
Presiden Jokowi telah menunjuk Mentan Ad Interim usai Syahrul Yasin Limpo hilang kontak setelah penggeledahan KPK di rumah dinasnya, beberapa waktu lalu. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Menteri Pertanian (Mentan) Ad Interim. Hal ini usai Syahrul Yasin Limpo hilang kontak setelah penggeledahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di rumah dinasnya, beberapa waktu lalu.

Saat ini, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi menggantikan Syahrul Yasin Limpo sebagai Mentan Ad Interim. "Ad interim pasti sebagai pejabat yang memang satu kotak dengan pak Mentan, memang saya ad interim," kata Harvick di Kompleks Merdeka, Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Harvick mengatakan, Presiden Jokowi telah menginstruksikan kepadanya agar tugas di Kementerian Pertanian tetap berjalan sesuai tugas dan fungsinya.

"Tentu secara organisasi, pak Presiden mengarahkan kita agar tupoksi yang sedang berjalan sesuai tugas masing-masing di Kementerian Pertanian," jelasnya.



"Utamanya tentu saja ini karena menyangkut teknis ada 4 Direktorat Jenderal, 4 Badan, 1 Sekjen, 1 Irjen, ini tidak, tidak apa, ini harus tetap berjalan ya, tidak boleh berhenti karena bagian dari pelayanan masyarakat," tambahnya.

Lebih lanjut Harvick mengatakan, dia sebagai pejabat yang satu kotak dengan Syahrul Yasin Limpo, sehingga Presiden Jokowi memintanya agar mengisi kekosongan kepemimpinan di Kementan.

"Tentu, secara otomatis memang karena memang saya pejabat yang satu kotak dengan pak Menteri, sama-sama kami dilantik oleh Pak Presiden tentu untuk mengisi kekosongan apalagi yang bersifat policy, kebijakan, keputusan-keputusan strategis tentu tidak harus berhenti," pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Syahrul Yasin Limpo dijadwalkan tiba di Indonesia dari luar negeri pada Minggu, 1 Oktober 2023. Syahrul Yasin Limpo dikabarkan sempat berada di Roma, Italia dalam rangka menghadiri Konferensi Global tentang Peternakan Berkelanjutan Transformasi.

Rencana kedatangan Syahrul Yasin Limpo di Indonesia merujuk surat yang diterbitkan oleh Angkasa Pura II dengan nomor 142/OIC/09/03/SI-VIP/2023 tentang penggunaan ruang VIP Bandara Soekarno-Hatta. Surat itu ditandatangani oleh Officer In Charge, Samsul Sutanto.

Dalam surat terbitan Angkasa Pura II yang dikantongi MNC Portal Indonesia, Syahrul Yasin Limpo terjadwal tiba di Indonesia menumpangi maskapai Qatar Airways dengan nomor penerbangan QR 956. Qatar Airways dengan nomor QR 956 dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 15.25 WIB.

MNC Portal Indonesia sudah sempat menunggu kedatangan Syahrul Yasin Limpo di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu, 1 Oktober 2023. Namun, hasilnya nihil. Syahrul Yasin Limpo tidak tampak ada di manifes maskapai Qatar Airways dengan nomor penerbangan QR 956.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan tidak kunjung terlihat di Bandara Soekarno-Hatta hingga malam hari. Padahal, maskapai Qatar Airways QR 956 telah mendarat sejak pukul 14.56 WIB di Bandara Soekarno-Hatta. Di ruang VIP juga tidak ada catatan kehadiran Mentan Syahrul Yasin Limpo.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0997 seconds (0.1#10.140)