Mengapa Dianjurkan Mengamalkan Salat Sunnah? Inilah 10 Keutamaan Besarnya!

Selasa, 03 Oktober 2023 - 10:50 WIB
loading...
Mengapa Dianjurkan Mengamalkan Salat Sunnah? Inilah 10 Keutamaan Besarnya!
Keutamaan salat sunah banyak sekali, salah satunya adalaah untuk menyempurnakan atau menambal salat fadhu yang sering kita lakukan tidak sempurna. Foto ilustrasi/istimewa
A A A
Sebagai muslim, setelh melaksanakan kewajiban salat fardhu juga dianjurkan memperbanyak salat sunah . Sebenarnya apa keutamaan salat sunah ini? Di antara keutamaan salat sunah tersebut adalah akan menutupi kekurangan pada salat wajib. Kita tahu pasti bahwa tidak semua salat fardhu yang kita lakukan dikerjakan dengan sempurna.

Kadang-kadang, kita salat fardhu dengan terburu-buru, tidak konsentrasi, tidak khusyu’ (menghadirkan hati), juga kadang tidak tawadhu’ (tenang).

Disarikan dari beberapa sumber, berikut keutamaan salat sunah ini, yakni:

1. Dapat menggapai wali Allah

Orang yang rajin mengamalkan amalan sunah maka ia akan menjadi wali Allah yang istimewa. Perhatikan firman Allah Ta'ala berikut:

Allah Ta’ala berfirman, “Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allahitu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedihhati. (Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa.” (QS.Yunus: 62-63)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan, “Setiap orang mukmin (beriman) danbertakwa, maka dialah wali Allah.” (Majmu’ Al Fatawa, 2: 224). Jadi waliAllah bukanlah orang yang memiliki ilmu sakti, bisa terbang, memakai tasbih dansurban.

Namun yang dimaksud wali Allah sebagaimana yang disebutkan oleh Allah sendiri dalam surat Yunus di atas. “Syarat disebut wali Allah adalah berimandan bertakwa” (Majmu’ Al Fatawa, 6: 10).

2. Amalan yang terbaik

Dari Tsauban, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Beristiqamahlahkalian dan sekali-kali kalian tidak dapat istiqomah dengan sempurna.Ketahuilah, sesungguhnya amalan kalian

yang paling utama adalah salat. Tidak ada yang menjaga wudhu melainkan ia adalah seorang mukmin.” (HR. Ibnu Majah no. 277 dan Ahmad 5: 276. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sesuai sumber syariat islam)

3. Akan dekat dengan Nabi SAW di surga

Dari Rabiah bin Ka’ab Al-Aslami –radhiyallahu ‘anhu– dia berkata, “Sayapernah bermalam bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, laluaku membawakan air wudhunya dan air untuk hajatnya. Maka beliau berkatakepadaku, “Mintalah kepadaku.”

Maka aku berkata,tentang cara hidup sehat Rasulullah “Aku hanya meminta agar aku bisa menjadi teman dekatmu di surga.” Beliau bertanya lagi, “Adakah permintaan yang lain?” Aku menjawab, “Tidak, itu saja.” Maka beliau menjawab, “Bantulah aku untuk mewujudkan keinginanmu dengan banyak melakukan sujud (memperbanyak shalat).” (HR. Muslim no. 489)

4. Dihapuskan dosa dan derajat ditinggikan

Ma’dan bin Abi Tholhah Al Ya’mariy, ia berkata, “Aku pernah bertemuTsauban –bekas budak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam-, lalu aku berkata padanya, ‘Beritahukanlah padaku suatu amalan yang karenanyaAllah memasukkanku ke dalam surga’.” Atau Ma’dan berkata, “Aku berkata padaTsauban, ‘Beritahukan padaku suatu amalan yang dicintai Allah’.” Ketikaditanya, Tsauban malah diam.

Kemudian ditanya kedua kalinya, ia pun masih diam. Sampai ketiga kalinya,Tsauban berkata, ‘Aku pernah menanyakan hal yang ditanyakan tadi padaRasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda,

“Hendaklah engkau memperbanyaksujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyaksujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskandosamu’.” Lalu Ma’dan berkata, “Aku pun pernah bertemu Abu Darda’ danbertanya hal yang sama.

Lalu sahabat Abu Darda’ menjawab sebagaimana yang dijawab oleh Tsaubanpadaku.” (HR. Muslim).

Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Hadits ini adalah doronganuntuk memperbanyak sujud dan yang dimaksud adalah memperbanyak sujud dalamshalat.” (Syarh Shahih Muslim, 4: 205).

Dan cara memperbanyak sujud bisa dilakukan dengan memperbanyak salat sunah.

5. Bisa menambal kekurangan salat wajib

Rasulullah shalallahu alaihi wasalam bersabda,

“Amalan yangpertama kali akan diperhitungkan dari seorang hamba pada hari kiamat adalah salatnya. Jika salatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yangsempurna. Namun, jika salatnya tidak sempurna Allah Ta’ala berkata pada malaikat-Nya,

“Lihatlah kalian apakah hamba-Ku memiliki amalan shalat sunnah, maka sempurnakanlah salat wajibnya? Kemudian zakat pun demikian. Kemudianamalan-amalan lainnya hampir sama seperti itu.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad, Dishahihkan oleh Syaikh al Albanidalam Shahihul Jami’)

6. Amalan badan yang paling utama setelah jihad

Dalam hadis Tsauban Nabi shallallahu‘alaihi wasallam mengabarkan, “Istiqomahlah dan kalian tidaklah akanmampu (untuk istiqomah dalam semua ketaatan dengan sebenar-benar istiqomah),dan ketahuilah bahwa sebaik-baik amal kalian adalah shalat dan tidak menjagawudhu kecuali seorang mukmin.” (HR. Ibnu Majah dishahihkan oleh Syaikhal-Albani dalam Irwa’ al-Ghalil)

7. Mendapat kebaikan Allah

Dari Jabir radhiyallahuanhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian telahmenunaikan shalat di masjidnya, maka hendaklah ia memberi jatah salat bagirumahnya. Karena sesungguhnya Allah menjadikan kebaikan dalam rumahnya melaluishalatnya.” (HR. Muslim)

8. Memberi suasana indah di rumah yang dilakukan salat sunah

Dari Zaid bin Tsabit Radhiyallahu anhu dan beliau memarfu’kannya, “Hendaklah kalian manusiamelaksanakan shalat (sunnah) di rumah kalian karena sebaik-baik salat adalah salat seseorang di rumahnya kecuali salat wajib.” (Muttafaq Alaihi)

Dalam riwayat Muslim, “Kerjakanlah salat (sunah) di rumah kalian.Karena sebaik-baik salat seseorang adalah yang dikerjakan di rumahnya kecuali salat wajib.” (HR. Muslim)

9. Mendapat kasih sayang malaikat dan membuat lari setan

Imam an-NawawiRahimahullah berkata, “Dan sesungguhnya anjuran melakukan shalat Sunnah dirumah, karena dia lebih tersembunyi dan lebih menjauhkan dari riya, lebihterjaga dari kesia-siaan. Dan carilah keberkahan rumah dengan hal itu, dansebab turun kasih sayang serta malaikat dan membuat lari setan.” (lihat Syarhan-Nawawi ala Shahih Muslim)

10.Merupakan bentuk syukur seorang hamba kepada Allah

Diriwayatkan dari ‘Aisyah Radhiyallahu anhuma, dia berkata, “Jika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam melakukan shalat, beliau berdiri hingga kedua telapak kaki beliau merekah,lalu ‘Aisyah bertanya, ‘Kenapa engkau melakukan semua ini,

padahal Allah Subhanahu waTa’ala telah memberikan ampunan bagimu atas dosa-dosa-mu yang telah lalu danyang akan datang?’ Lalu beliau menjawab, “Apakah tidak boleh jika akutermasuk hamba yang bersyukur.’” (Muttafaq Alaihi)



Wallahu A''lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2314 seconds (0.1#10.140)