alexa snippet

UEA: Isolasi pada Qatar Bisa Berlangung Bertahun-tahun

UEA: Isolasi pada Qatar Bisa Berlangung Bertahun-tahun
Menteri Luar Negeri UEA, Anwar Gargash menyatakan, isolasi yang diterapkan UEA, dan sejumlah negara Teluk lainnya terhadap Qatar bisa berlangsung bertahun-tahun. Foto/Istimewa
A+ A-
ABU DHABI - Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab (UEA), Anwar Gargash menyatakan, isolasi yang diterapkan UEA, Arab Saudi, dan sejumlah negara Teluk lainnya terhadap Qatar bisa berlangsung bertahun-tahun. Gargash menuturkan, jika Qatar ingin isolasi tersebut cepat berakhir, maka Doha harus mengubah kebijakan luar negeri mereka.

"Mediasi Kuwait akan sangat berguna dan akan ada tuntutan mendatang. Qatar akan menyadari bahwa ini adalah keadaan baru dan isolasi bisa bertahan bertahun-tahun," kata Gargash, seperti dilansir Reuters pada Senin (19/6).

"Jika mereka ingin diasingkan karena pandangan sesat tentang peran politik mereka, maka biarkan mereka diasingkan. Mereka masih dalam fase penyangkalan dan kemarahan," sambungnya.

Dia kemudian mengatakan, UEA dan sejumlah negara Teluk lainnya saat ini sedang membuat apa yang ia sebut sebagai daftar keluhan kepada Qatar. Daftar ini akan menjadi dasar tuntutan kepada Qatar jika ingin hubungan antara Doha dan negara Teluk membaik.

Sebelumnya, hal serupa juga disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir. Dia menuturkan, pihaknya masih menyusun daftar keluhan kepada Qatar dan syarat-syarat yang akan diajukan untuk memperbaiki hubungan kepada Qatar.

"Saya tidak akan menyebut mereka tuntutan, saya akan mengatakan ini adalah daftar keluhan yang perlu ditangani dan perlu diperbaiki oleh Qatar," ucap Jubeir.



(esn)
loading gif
Top