alexa snippet

Tembak Jatuh Jet Suriah, Rusia Nilai AS Dukung Teroris

Tembak Jatuh Jet Suriah, Rusia Nilai AS Dukung Teroris
Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov menyatakan, koalisi pimpinan AS telah mendukung teroris dengan menembak jatuh jet tempur Suriah. Foto/Istimewa
A+ A-
MOSKOW -  Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov menyatakan, koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) telah mendukung teroris dengan menembak jatuh jet tempur Suriah. Jet tempur Suriah tersebut ditembak jatuh jet koalisi AS di dekat Tabqah.

"Moskow melihat penembakan jet tempur pemerintah Suriah oleh AS sebagai tindakan agresi dan dukungan terhadap teroris," kata Ryabkov dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Senin (19/6).

Pernyataan senada sebelumnya disampaikan oleh pemerintah Presiden Bashar al-Assad. Dalam sebuah pernyataan, pemerintah Assad mengatakan, jet tempurnya ditembak jatuh saat menyerang basis kelompok ISIS dan serangan tersebut menekankan koordinasi antara AS dan ISIS.

Sementara itu koalisi mengatakan, jet tempur tersebut ditembak jatuh karena memberikan ancaman kepada Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung oleh AS.

"Pada pukul 6:43, SU-22 milik rezim Suriah menjatuhkan bom di dekat pejuang SDF di selatan Tabqah. Dan, sesuai dengan peraturan pendekatan dan pembelaan diri secara kolektif terhadap pasukan koalisi, pesawat itu segera ditembak jatuh oleh F/A AS-18E Super Hornet," kata pihak koalisi.

SDF sendiri adalah pasukan gabungan yang terdiri dari sejumlah kelompok oposisi Suriah dan juga Kurdi Suriah. Beberapa anggota SDF masuk dalam daftar serangan pemerintah Suriah, karena dianggap bersekongkol dengan al-Nusra, kelompok pecahan al-Qaeda di Suriah.



(esn)
loading gif
Top