alexa snippet

Jet AS Tembak Jatuh Jet Suriah, Ini Reaksi Rusia

Jet AS Tembak Jatuh Jet Suriah, Ini Reaksi Rusia
Pesawat jet tempur canggih AS, F/A-18E Super Hornet. Jet canggih tipe ini menembak jatuh jet tempur Su-22 Suriah di Raqqa, semalam (18/6/2017). Foto/REUTERS/US Air Force/Staff Sgt. Michael Battles
A+ A-
MOSKOW - Pemerintah Rusia merespons tindakan pesawat jet tempur Amerika Serikat (AS) yang menembak jatuh pesawat jet tempur Suriah di Raqqa. Moskow mendesak Washington untuk menghormati kedaulatan pemerintah Damaskus.

Reaksi Moskow ini disampaikan Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov, Senin (19/6/2017). Pilot tempur Suriah dilaporkan tewas setelah pesawat jet tempur F/A-18E Super Hornet menembak jatuh pesawat jet tempur Su-22 Suriah, semalam, dengan alasan pesawat militer tersebut mengebom basis Pasukan Demokratik Suriah (SDF), pasukan oposisi atau pemberontak yang didukung Barat.

”Mengenai kejadian di lapangan di Republik Arab Suriah, perlu untuk sepenuhnya menghormati kedaulatan dan integritas wilayah Suriah,” kata Lavrov.

“Oleh karena itu, setiap tindakan di lapangan, dan ada banyak pihak yang terlibat, termasuk mereka yang melakukan operasi militer, harus berkoordinasi dengan Damaskus,” lanjut desakan Lavrov.

Baca: Jet Canggih AS Tembak Jatuh Jet Tempur Suriah di Raqqa

Pemerintah Presiden Bashar al-Assad mengatakan, pesawat tempurnya sedang menyerang basis kelompok Islamic State atau ISIS di Raqqa saat ditembak jatuh jet tempur AS. Pemerintah Assad mengutuknya dan menganggap Washington berkoordinasi dengan ISIS untuk menghalangi Damaskus dalam memerangi teroris di wilayahnya.

Pentagon mengklaim sebelum menembak jatuh jet tempur Su-22 Suriah, AS yang memimpin koalisi internasional anti-ISIS di Irak dan Suriah sudah memberitahu Rusia melalui saluran yang dibangun kedua pihak.

Rusia belum merespons klaim Pentagon ini. ”Kami menyerukan kepada AS dan semua pihak yang memiliki kekuatan atau penasihat mereka di lapangan (di Suriah) untuk memastikan koordinasi dalam pekerjaan kami,” kata Lavrov.

“Zona-zona deeskalasi adalah salah satu pilihan yang mungkin untuk diikuti bersama-sama. Setiap orang agar menghindari langkah sepihak, menghormati kedaulatan Suriah dan bergabung dalam pekerjaan bersama yang kita disepakati dengan pemerintah Republik Arab Suriah,” imbuh Menlu Rusia ini, seperti dikutip Sputnik.



(mas)
loading gif
Top