Dukung Indonesia Lebih Inklusif, Civitas Ganjar Sosialisasi Bahasa Isyarat

Minggu, 01 Oktober 2023 - 16:50 WIB
loading...
Dukung Indonesia Lebih Inklusif, Civitas Ganjar Sosialisasi Bahasa Isyarat
Relawan Civitas Ganjar menggelar sosialisasi budaya tuli dan pengenalan dasar Bisindo kepada kaum milenial di Cradle Event Space, Kota Medan, Sabtu (30/9/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
MEDAN - Relawan Civitas Ganjar menggelar sosialisasi budaya tuli dan pengenalan dasar bahasa isyarat Indonesia (Bisindo) kepada kaum milenial di Kota Medan. Menggandeng Komunitas Hak Tuli Inklusif, kegiatan tersebut untuk mendorong Indonesia menjadi bangsa yang lebih inklusif.

“Selain daripada poin penyetaraan teman-teman disabilitas, kami memandang zaman sekarang sepertinya juga semakin perlu demi menciptakan Indonesia yang lebih inklusif, sesuai moto kita Indonesia untuk semua,” kata Korwil Civitas Ganjar Sumut Berry Sitohang di Cradle Event Space, Jalan Iskandar Muda Nomor 127, Kota Medan, Sabtu (30/9/2023)

Dalam kegiatan tersebut para milenial dikenalkan istilah-istilah pada budaya tuli, sistem bahasa isyarat di Indonesia, hingga peran penting cahaya dan sentuhan bagi penyandang tuli. Mereka juga belajar dasar-dasar Bisindo secara langsung.

Berry mengatakan, anak-anak muda mesti menjadi generasi terdepan untuk mendukung dan mendorong kesetaraan terhadap penyandang disabilitas di Indonesia dalam berbagai lini kehidupan bangsa. Pasalnya anak muda adalah generasi penerus yang memegang arah Indonesia ke depan.

Berry menyebut kepedulian terhadap penyataraan disabilitas dan upaya mewujudkan Indonesia lebih inklusif mesti dimulai dari sekarang. “Apalagi sosok yang kita teladani, Pak Ganjar sendiri memang sangat peduli dari track recordnya kepada kaum disabilitas, salah satunya kaum bisu dan tuli. Pak Ganjar itu sangat memerhatikan mereka dan sering menyerap aspirasi teman-teman disabilitas,” lanjutnya.

Melalui kegiatan tersebut, Civitas Ganjar juga turut mempromosikan kelas bahasa isyarat tersertifikasi yang kerap diadakan komunitas tuli. Tujuannya mewujudkan Indonesia yang lebih inklusif.

Elisa Simanjuntak, salah satu peserta sosialisasi berterima kasih kepada Civitas Ganjar. Elisa mengatakan, kegiatan ini menginspirasinya sebagai anak muda untuk membuat Indonesia semakin inklusif.

“Saya senang mengikuti kegiatan civitas Ganjar ini. Menginspirasi saya jadi ingin membuat Indonesia jadi lebih inklusif dan ramah disabilitas,” katanya.

Dengan terwujudnya Indonesia yang semakin inklusif, Elisa berharap teman-teman disabilitas semakin bisa berperan aktif untuk memajukan NKRI. “Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini saya bisa mulai mewujudkan hal itu. Mudah-mudahan teman-teman disabilitas semakin berperan aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia ini,” tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1856 seconds (0.1#10.140)