Zelensky: Ukraina akan Danai Pertahanan dengan Aset Rusia yang Disita

Minggu, 01 Oktober 2023 - 05:15 WIB
loading...
Zelensky: Ukraina akan Danai Pertahanan dengan Aset Rusia yang Disita
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berbicara di Forum Industri Pertahanan Internasional di Kiev. Foto/Telegram/Zelenskiy/Official
A A A
KIEV - Presiden Volodymyr Zelensky mengumumkan Ukraina akan membentuk dana pertahanan baru yang mencakup aset-aset Rusia yang disita sebagai salah satu sumber pendanaan utamanya.

“Langkah ini bertujuan memberikan sumber daya tambahan kepada pihak berwenang di Kiev untuk meningkatkan produksi militer, menciptakan program pertahanan baru dan mendukung pasukan negara tersebut,” ungkap Zelensky, berbicara pada Jumat di forum Industri Pertahanan Internasional pertama di ibukota Ukraina.

“Dana tersebut akan diisi kembali dengan dividen dari aset pertahanan negara dan keuntungan dari penjualan aset sitaan Rusia,” papar dia.

Pemimpin Ukraina tersebut tidak merinci apakah yang dimaksudnya adalah cadangan emas dan valas Rusia senilai hampir USD300 miliar yang telah dibekukan negara-negara Barat, atau mengenai properti milik Rusia di Ukraina, yang disita setelah peluncuran operasi militer Moskow pada Februari 2022.

Rusia menggambarkan pemblokiran asetnya di Barat sebagai “pencurian.” Menurut sekretaris pers Kremlin, Dmitry Peskov, “tindakan tersebut adalah tindakan yang benar-benar ilegal dan bertentangan dengan hukum internasional dan merupakan perambahan terhadap properti negara dan swasta oleh AS dan sekutunya.”

Dana tersebut tetap disalurkan meskipun terdapat defisit sebesar USD24 miliar dalam anggaran Ukraina pada tahun 2024.



Kiev sangat bergantung pada dana yang disediakan oleh negara-negara Barat untuk menjalankan fungsinya.

Dalam artikelnya untuk Bloomberg awal pekan ini, Niall Ferguson, Senior Fellow di Hoover Institution di Universitas Stanford, mengatakan, “Sekitar 70% anggaran Ukraina ditanggung oleh bantuan internasional.”

Zelensky juga mengatakan dalam forum tersebut, Aliansi Industri Pertahanan antara Ukraina dan produsen senjata asing, yang berupaya “membangun persenjataan dunia bebas bersama dengan Ukraina,” telah dibentuk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)