Akhiri Krisis Teluk, Menlu Turki Akan Menyambangi Qatar

Rabu, 14 Juni 2017 - 14:34 WIB
Akhiri Krisis Teluk, Menlu Turki Akan Menyambangi Qatar
Akhiri Krisis Teluk, Menlu Turki Akan Menyambangi Qatar
A A A
ANKARA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Turki, Mevlut Cavusoglu akan melakukan perjalanan ke Qatar dan ke Arab Saudi jika memungkinkan. Ia berharap bisa mengakhiri krisis antara Doha dan sejumlah negara Arab.

Arab Saudi dan sekutunya di Teluk menuduh Qatar mendukung terorisme di wilayah tersebut. Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir pun mengambil langkah dengan memutuskan hubungan dengan Qatar pekan lalu.

Cavusoglu mengatakan Presiden Turki Tayyip Erdogan sangat menghormati Raja Saudi Salman dan pernyataannya baru-baru ini mengenai krisis tersebut tidak menargetkan Riyadh seperti dikutip dari Al Arabiya, Rabu (14/6/2017).

Sebelumnya Presiden Turki Tayyip Erdogan mengecam isolasi Qatar sebagai pelanggaran nilai-nilai Islam dan mirip dengan "hukuman mati".

Sementara itu, dalam pernyataannya, Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan Cavusoglu akan bertemu dengan koleganya dari Qatar dan emir negara tersebut seperti dikutip dari Reuters.

Turki telah mempertahankan hubungan baik dengan Qatar serta beberapa tetangga Teluk Arabnya. Erdogan sendiri telah berjanji untuk membantu Qatar mengatasi dampak krisis tersebut. Turki telah menerbangkan produk susu, unggas dan jus ke Doha, yang mulai sampai di rak supermarket selama akhir pekan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3917 seconds (0.1#10.140)