Iran Tuding Arab Saudi Dukung Kelompok Teroris

Rabu, 14 Juni 2017 - 01:42 WIB
Iran Tuding Arab Saudi Dukung Kelompok Teroris
Iran Tuding Arab Saudi Dukung Kelompok Teroris
A A A
OSLO - Pemerintah Iran menuding Arab Saudi mendukung kelompok teroris di wilayah Iran. Tuduhan disampaikan Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif beberapa hari setelah ISIS mengklaim serangan yang menewaskan 17 orang di Teheran.

”Kami memiliki (informasi) intelijen bahwa Arab Saudi secara aktif terlibat dalam mempromosikan kelompok-kelompok teroris yang beroperasi di wilayah timur Iran di Baluchestan,” kata Zarif pada sebuah konferensi pers di sela-sela mediasi perdamaian tahunan di Oslo.

“Kelompok bersenjata tersebut menggunakan wilayah salah satu tetangga kami untuk melancarkan serangan terhadap Iran yang baru dua bulan lalu menyebabkan kematian sembilan penjaga perbatasan Iran,” lanjut Zarif merujuk pada Pakistan.

”Di pihak Barat, jenis kegiatan yang sama sedang dilakukan, sekali lagi dengan menggunakan keramahan diplomatik tetangga kami lainnya,” ujar Zarif, seperti dikutip Al Jazeera, Rabu (14/6/2017).

Zarif lantas menyerukan pembentukan forum regional untuk menyelesaikan perbedaan. Forum itu, kata dia, menjadi lebih penting setelah ketegangan antara Qatar dan negara-negara tetangga Arab-nya, termasuk Arab Saudi.

Iran dan Arab Saudi sudah lama saling tuduh sebagai pengacau keamanan regional. Kedua negara ini mendukung pihak-pihak yang berlawanan dalam konflik di Suriah, Yaman dan Irak.

Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, Mesir, Libya, Yaman dan Maladea telah memutuskan hubungan dilomatik dengan Qatar pada pekan lalu. Alasannya, Qatar mendukung dan mendanai kelompok teroris. Namun, Doha telah menyangkalnya.

Ketegangan antara Iran dan Arab Saudi semakin memanas setelah Garda Revolusi Iran menyalahkan Saudi atas dua serangan pada 7 Juni 2017 di Teheran. Sebanyak 17 orang tewas dan 52 orang lainnya terluka.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5705 seconds (0.1#10.140)