Warga Guam AS Lebih Takut Petir Ketimbang Rudal Kim Jong-un

Selasa, 06 Juni 2017 - 11:40 WIB
Warga Guam AS Lebih Takut Petir Ketimbang Rudal Kim Jong-un
Warga Guam AS Lebih Takut Petir Ketimbang Rudal Kim Jong-un
A A A
GUAM - Guam, sebuah wilayah Amerika Serikat (AS) di Samudra Pasifik, yang berjarak lebih dari 2.000 mil dari Korea Utara (Korut) kerap diancam akan diserang rudal nuklir Pyongyang. Namun, menurut otoritas Guam, penduduk di sana lebih takut petir ketimbang rudal rezim Korut pimpinan Kim Jong-un.

Selain Guam, wilayah daratan AS yang yang terdekat adalah Cape Alava, Washington. Wilayah ini pun jaraknya 4.700 mil dari Korut dan mustahil bisa diserang Korut kecuali dengan rudal balistik antar-benua (ICBM).

Guam selama ini dilaporkan menjadi pangkalan militer rahasia AS di Samudra Pasifik. Pesawat pembom nuklir pernah ditempatkan di wilayah tersebut.

Kantor Pertahanan Sipil Guam yang bertugas melindungi pulau itu telah meyakinkan penduduk setempat bahwa rudal Kim Jong-un bukan ancaman. Penasihat Keamanan Dalam Negeri George Charfauros Jr mengatakan kepada penduduk setempat; "Yakinlah bahwa ini bukan ancaman bagi kita.”

”Apa yang menjadi perhatian saya adalah hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan, seperti angin topan dan gempa bumi,” ujarnya, seperti dikutip dari Pacific Daily News, Selasa (6/6/2017).

”Saya telah mencatatnya dan menyatakan bahwa ada kemungkinan lebih tinggi dari Anda terkena petir daripada (terkena) peluncuran rudal,” imbuh Charfauros.

Menurutnya, warga Guam tidak takut dengan rudal Korut juga karena ada sistem pertahanan rudal THAAD (Terminal High Altitude Area Defense) yang dipasang militer AS di pulau itu. Sistem rudal THAAD bisa meluncurkan 16 roket pertahanan penangkis setiap rudal yang datang.

Namun Charfauros menekankan bahwa penduduk pulau Guam harus mengambil langkah-langkah untuk mempersiapkan bencana lainnya. ”Kami meminta Anda memiliki 36 jam persediaan bahan bakar dan rencana komunikasi dengan keluarga Anda,” katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4164 seconds (0.1#10.140)