Yaman Ikut Putus Hubungan Diplomtik dengan Qatar

Senin, 05 Juni 2017 - 16:56 WIB
Yaman Ikut Putus Hubungan Diplomtik dengan Qatar
Yaman Ikut Putus Hubungan Diplomtik dengan Qatar
A A A
SANAA - Pemerintah Yaman mengikuti langkah Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain dan Mesir untuk memutus hubungan diplomatik dengan Qatar. Yaman mengatakan, alasan mereka memutus hubungan dengan Qatar adalah karena mereka menduga Doha bekerjasama dengan pemberontak Houthi, dan sejumlah kelompok teroris.
"Praktek Qatar dalam menangani milisi kudeta (Houthi) dan kelompok ekstremis yang mendukung menjadi jelas," kata pemerintah Yaman dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Senin (5/6).
"Yaman mendukung sebuah keputusan oleh sebuah koalisi pimpinan-Saudi yang berjuang selama lebih dari dua tahun untuk mengusir orang-orang Houthi dari ibukota Sanaa untuk untuk menyingkirkan Qatar dari jajarannya," sambungnya.
Qatar sebelumnya mengatakan, mereka adalah korban dari sebuah kampanye kebohongan dan rekayasa yang sangat sempurna. Doha kemudian mengatakan, mereka adalah negara yang sangat berkomitmen terhadap piagam Dewan Kerjasama Teluk, menghormati kedaulatan negara-negara lain, dan tidak ikut campur dalam urusan mereka.
Saudi, UEA, Bahrain, dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar, setelah mereka menuduh Qatar mendukung terorisme dan ikut campur urusan internal negara lain. Saudi kemudian menendang Qatar dari koalisi Arab, sebagai respon lanjutan dari pemutusan hubungan tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3622 seconds (0.1#10.140)