3 Komisaris Jenderal Polisi yang Bertugas di Luar Struktur Polri Sejak 2023, Teratas Peraih Adhi Makayasa

Senin, 25 September 2023 - 18:05 WIB
loading...
3 Komisaris Jenderal Polisi yang Bertugas di Luar Struktur Polri Sejak 2023, Teratas Peraih Adhi Makayasa
Komisaris Jenderal Polisi Rycko Amelza Dahniel merupakan salah seorang perwira tinggi Polri yang menjabat sebagai kepala BNPT. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ada beberapa nama pemegang pangkat komisaris jenderal polisi yang bertugas di luar struktur Polri sejak 2023. Salah satunya adalah peraih Adhi Makayasa.

Komisaris jenderal polisi merupakan salah satu pangkat yang berada dalam kategori perwira tinggi. Serupa dengan bintang tiga, pangkat tersebut lebih tinggi setingkat dari Inspektur Jenderal Polisi (bintang dua) dan satu tingkat di bawah Jenderal Polisi (bintang empat).



Dalam penempatannya, perwira tinggi kepolisian biasa ditugaskan di dalam maupun luar struktur organisasi Polri. Dari sekian nama, ada beberapa pemegang pangkat komisaris jenderal polisi yang bertugas di luar struktur Polri sejak 2023 ini. Siapa sajakah mereka?

Komisaris Jenderal Polisi yang Bertugas di Luar Struktur Polri Sejak 2023


1. Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel - Kepala BNPT


Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel merupakan salah seorang perwira tinggi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Saat ini, dia tengah bertugas sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Melihat sedikit ke belakang, Rycko sebelumnya menggantikan Komjen Pol Boy Rafli Amar yang memasuki masa pensiun. Dia dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 3 April 2023 lalu.



Dalam riwayatnya, Rycko diketahui sebagai jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1988. Tak sekadar lulus, dia berhasil keluar sebagai lulusan terbaik dan mendapat penghargaan Adhi Makayasa.

Beralih ke karier kepolisiannya, pria kelahiran Bogor, 14 Agustus 1966 ini telah banyak menyemat jabatan penting. Sebelum menjadi Kepala BNPT, Rycko pernah menjadi Kapolda Sumatera Utara ( 2016), Gubernur Akpol (2017), Kapolda Jawa Tengah (2019), Kabaintelkam Polri (2020), hingga Kalemdiklat Polri (2021).

Salah satu prestasinya, Rycko pernah tergabung dalam tim Bareskrim yang berhasil melumpuhkan teroris Dr. Azhari dan kelompoknya di Batu, Malang, Jawa Timur tahun 2005. Atas pencapaian ini, dia turut meraih kenaikan pangkat bersama sejumlah koleganya kala itu seperti Tito Karnavian, hingga Idham Azis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2032 seconds (0.1#10.140)