Kontroversi Suami PM Gay Luksemburg di Antara Ibu-ibu Negara NATO

Senin, 29 Mei 2017 - 11:45 WIB
Kontroversi Suami PM Gay Luksemburg di Antara Ibu-ibu Negara NATO
Kontroversi Suami PM Gay Luksemburg di Antara Ibu-ibu Negara NATO
A A A
WASHINGTON - Para Ibu Negara anggota NATO berfoto bersama saat pertemuan negara-negara aliansi itu digelar pekan lalu di Belgia. Dalam foto itu, suami dari perdana menteri (PM) gay Luksemburg merupakan satu-satunya pria di antara mereka.

Foto itu menjadi kontroversi setelah Gedung Putih tidak mencantumkan nama Gauthier Destenay, suami PM gay Luksemburg Xavier Bettel. Tindakan Gedung Putih menuai kecaman karena dianggap tidak sopan.

Foto itu bidikan Andrea Hanks dan diunggah di halaman Facebook “The White House” (Gedung Putih) pada hari Sabtu. Nama sembilan Ibu Negara dicantumkan dalam judul foto tersebut. Sedangkan nama “First Gentleman” Luksemburg Gauthier Destenay tak disebut.

Destenay adalah seorang arsitek Belgia yang menikahi Bettel pada tahun 2015 setelah Lukusemburh mengesahkan pernikahan sesama jenis. Legalisasi itu membuat Bettel menjadi pemimpin gay pertama di Uni Eropa yang menikahi pasangannya secara resmi.

Gedung Putih tidak menjelaskan mengapa nama pendamping PM Luksemburg tidak dicantumkan. Tindakan itu membuat banyak pengguna media sosial mengecam Gedung Putih dengan tudingan tidak sopan, tidak peduli dan pro-homofobia.

Selain tak mencantumkan suami PM gay Luksemburg, nama Ibu Negara AS Melania Trump justru ditulis sebanyak dua kali.

”Penghilangan nama First Gentleman Luksemburg secara terang-terangan tidak sopan dan hanya menunjukkan tingkat idiot dari staf Gedung Putih,” bunyi komentar seorang pengguna Facebook.

“Wow, tidak ada yang menyebutkan pasangan Luksemburg? Dia masih ada, bahkan jika Anda mencoba untuk mengabaikan fakta bahwa dia adalah seorang homoseksual yang tidak Anda sukai,” bunyi komentar pengguna Facebook lainnya, seperti dikutip IB Times, semalam (28/5/2017).

Kecaman juga bermunculan di Twitter. Pengguna akun @scottbix, menulis; “Apakah ada alasan mengapa @WhiteHouse tidak menyertakan First Gentleman Luksemburg dalam judul foto ini?”.

Pengguna akun @BikerBecca berkomentar atas tweet @scottbix; “@scottbix @WhiteHouse; Ini sangat memalukan. Malu pada WH (Gedung Putih) dan malu pada administrasi (AS) karena isinya penuh dengan orang fanatik.”

Selanjutnya, pengguna akun @merbremmer menulis; ”Gedung Putih menolak untuk mencantumkan First Husband Luksemburg dalam foto pasangan. Apa yang salah dengan orang-orang ini? Saya jijik.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3100 seconds (0.1#10.140)