Provokatif, Netanyahu Pegang Peta Timur Tengah Tanpa Palestina di Majelis Umum PBB

Sabtu, 23 September 2023 - 13:31 WIB
loading...
Provokatif, Netanyahu Pegang Peta Timur Tengah Tanpa Palestina di Majelis Umum PBB
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memperlihatkan peta Timur Tengah tanpa Palestina di Majelis Umum PBB. Foto/Al Jazeera
A A A
NEW YORK - Aksi provokatif diperlihatkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam forum internasional. Saat berpidato di Majelis Umum PBB, Netanyahu memegang peta Timur Tengah tanpa Palestina.

Terlepas dari klaimnya mendorong perdamaian dengan Palestina, Netanyahu mengangkat dua peta Timur Tengah dengan Israel disorot dengan warna biru.

Kedua peta tersebut menunjukkan wilayah Palestina yang diduduki – Tepi Barat dan Gaza – serta Dataran Tinggi Golan yang diduduki Suriah sebagai bagian dari Israel.

Perdana Menteri Israel itu, yang memiliki sejarah menggunakan alat peraga dan penanda merah di Majelis Umum PBB, menggunakan peta tersebut untuk menekankan pertumbuhan hubungan Israel dengan negara-negara Arab tetangganya.



Netanyahu memimpin salah satu pemerintahan paling sayap kanan dalam sejarah Israel, yang telah meningkatkan kekerasan dan penghancuran rumah terhadap warga Palestina sambil memperluas permukiman ilegal di Tepi Barat yang diduduki.

Namun pada hari Jumat, Netanyahu menggambarkan Israel sebagai negara yang mencari perdamaian, dengan mengatakan bahwa “Palestina harus berhenti menyebarkan kebencian terhadap Yahudi dan akhirnya berdamai dengan negara Yahudi,” seperti dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (23/9/2023).

Nada pidato tersebut disambut baik oleh sumber yang dekat dengan menteri keamanan nasional sayap kanan Netanyahu, Itamar Ben-Gvir.

“Jika hal tersebut sejalan dengan pidatonya – kami sepenuhnya mendukungnya,” kata sumber tersebut kepada N12 News Israel.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1006 seconds (0.1#10.140)