Rudal Inggris Penggempur ISIS Ditulisi 'Love from Manchester'

Jum'at, 26 Mei 2017 - 10:52 WIB
Rudal Inggris Penggempur ISIS Ditulisi Love from Manchester
Rudal Inggris Penggempur ISIS Ditulisi 'Love from Manchester'
A A A
LONDON - Sebuah rudal militer Inggris yang digunakan untuk menggempur basis kelompok Islamic State atau ISIS di Suriah ditulisi pesan “Love from Manchester”. Angkatan Udara Inggris (RAF) mengonfirmasi pesan itu untuk menghormati puluhan korban tewas dalam serangan bom bunuh diri di Manchester Arena pada Senin malam lau.

Bom bunuh diri di Manchester Arena dilakukan Salman Abedi. Sebanyak 22 orang tewas, termasuk Salman Abedi. Bom diledakkan di akhir konser penyanyi Amerika Serikat (AS) Ariana Grande.

Rudal bertuliskan “Love from Manchester” atau “Cinta dari Manchester” ini bagian dari skuadron drone Inggris yang ditempat di lokasi rahasia di Timur Tengah. RAF membenarkan bahwa rudal itu disiapkan untuk menyerang basis kelompok ISIS di Suriah.

Foto rudal dengan tulisan pesan itu viral di media sosial. Awalnya, foto itu dianggap tipuan para pengguna media sosial. Namun, pihak RAF memastikan bahwa foto itu asli.

Senator James McGrath, merupakan salah satu orang yang menyebarkan foto rudal itu melalui akun Facebook-nya. ”RAF menuju ke target ISIS memiliki pesan untuk penerimanya. Bagus,” bunyi keterangan foto rudal yang dia unggah, yang dikutip Jumat (26/5/2017).

Rudal itu merupakan jenis rudal Hellfire. ”RAF dapat mengonfirmasi bahwa foto itu asli,” kata pihak RAF melalui seorang juru bicara kepada Mirror Online.

“Ada riwayat pesan yang ditulis tentang rudal di RAF. Tidak mungkin individu yang bertanggung jawab untuk itu akan didisiplinkan,” lanjut pihak RAF.

Namun, editor Storyful, Stephanie Burnett, bersikeras foto rudal yang viral itu palsu.

”Foto rudal RAF ‘Love from Manchester' yang beredar dimanipulasi. Ada catatan piksel teks saat zoom in. Journos berhati-hati. #debunk #fake,” tulis mantan editor TIME ini melalui akun Twitter-nya, @Stephy_Burnett.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3329 seconds (0.1#10.140)