Saudi Beli Banyak Senjata dari AS, Israel Was-was

Minggu, 21 Mei 2017 - 22:50 WIB
Saudi Beli Banyak Senjata dari AS, Israel Was-was
Saudi Beli Banyak Senjata dari AS, Israel Was-was
A A A
TEL AVIV - Israel mengaku khawatir dengan kesepakatan pembelian senjata antara Amerika Serikat (AS) dan Arab Saudi. Nilai kesepatan itu disebut sebesar USD350 miliar atau lebih dari Rp4.666 triliun, dimana dari total nilai kesepakatan itu, pemborongan senjata AS senilai hampir USD110 miliar atau lebih dari Rp1.333 triliun akan segera diberlakukan.
"Ini adalah masalah yang benar-benar menyusahkan kami," kata Menteri Energi Israel Yuval Steinitz menanggapi kesepakatan pembelian tersebut, seperti dilansir Reuters pada Minggu (21/5).
Steinz mengatakan, kekhawatiran ini didasari oleh sikap Saudi yang sampai saat ini masih memusuhi Israel, karena masalah Palestina. Dia berharap untuk mendengar rincian kesepakatan tersebut saat Presiden AS Donald Trump berkunjung ke Israel pada pekan depan.
"Kami juga harus memastikan ratusan miliar senjata yang akan dikirimkan ke Arab Saudi tersebut tidak akan dengan cara apapun mengikis tepi kualitatif Israel, karena Arab Saudi masih merupakan negara yang tidak bersahabat tanpa hubungan diplomatik, dan tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan," sambungnya.
Pada 1980-an, Israel pernah menyatakan keprihatinannya atas penjualan jet tempur F-15 oleh AS ke Saudi, dimana jet tempur itu ditempatkan di lapangan terbang Laut Merah. Namun, Saudi sampai saat ini tidak pernah mengancam untuk menggunakannya terhadap Israel.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3704 seconds (0.1#10.140)