Jepang Kecam Keras Peluncuran Rudal Korut

Minggu, 21 Mei 2017 - 21:56 WIB
Jepang Kecam Keras Peluncuran Rudal Korut
Jepang Kecam Keras Peluncuran Rudal Korut
A A A
TOKYO - Pemerintah Jepang melemparkan kecaman keras atas peluncuran rudal balistik terbaru yang dilakukan oleh Korea Utara (Korut). Jepang menilai peluncuran rudal ini adalah tindakan sembrono.
"Tokyo mengecam peluncuran tersebut, yang merupakan langkah yang tidak dapat ditolerir, dan jelas melanggar resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB. Jepang tidak akan mentolerir provokasi berulang yang dilakukan Korut," kata Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga.
Sementara itu, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan, ia ingin membwa masalah peluncuran rudal Korut pada pertemuan puncak G7 di Italia akhir bulan ini. "Saya ingin melakukan diskusi menyeluruh mengenai hal ini di KTT G7," kata Abe.
Abe, seperti dilansir Russia Today pada Minggu (21/5), menambahkan, sangat penting untuk bekerja sama dengan Rusia dan China mengenai masalah menangani uji coba rudal Korut.
Militer Korea Selatan (Korsel) menuturkan, berdasarkan informasi yang mereka dapatkan, rudal yang ditembakan Korut melesat sejauh 500 Km. Jarak ini lebih pendek dari uji coba sebelumnya yang mencapai jarak 700 Km.

Peluncuran ini adalah peluncuran kedua yang dilakukan Korut dalam kurun waktu satu bulan terakhir. Sebelumnya, pada 14 Mei lalu, Korut menembakkan sebuah rudal balistik yang mendarat di laut dekat Rusia dalam sebuah peluncuran yang Washington sebut sebagai sebuah pesan ke Korsel.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3584 seconds (0.1#10.140)