alexa snippet

AS Bilang Opsi Perang Lawan Korut akan Tragis Luar Biasa

AS Bilang Opsi Perang Lawan Korut akan Tragis Luar Biasa
Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Norman Mattis pada Jumat (19/5/2017) mengumumkan upaya opsi diplomatik dalam mengatasi krisis nuklir Korea Utara. Foto/REUTERS/Yuri Gripas
A+ A-
WASHINGTON - Menteri Pertahanan atau Kepala Pentagon Amerika Serikat (AS) James Norman Mattis mengatakan, Washington akan melakukan upaya diplomatik untuk mengatasi krisis nuklir Korea Utara (Korut). Upaya ini untuk menghindari opsi militer atau perang yang dampaknya bisa mengerikan.

Upaya diplomatik AS disampaikan Mattis dalam konferensi pers yang digelar hari Jumat waktu setempat. ”Jika ini menuju solusi militer, ini akan menjadi tragis dalam skala yang luar biasa,” ucap Mattis.

”Jadi, usaha kami adalah bekerja sama dengan PBB, bekerja dengan China, bekerja dengan Jepang, dan bekerja dengan Korea Selatan untuk mencoba menemukan jalan keluar dari situasi ini,” lanjut Mattis, yang dilansir Reuters, Sabtu (20/5/2017).

Baca juga: Kapal Induk Nuklir Kedua AS Bergerak Dekati Korut

Ketegangan di Semenanjung Korea semakin meningkat setelah rezim Kim Jong-un yang berkuasa di Korut berhasil menguji tembak rudal balistik jarak menengah pada 14 Mei 2017 lalu. Rudal itu diklaim mampu membawa hulu ledak nuklir.

Uji coba rudal tersebut dikecam Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley yang menyebut Kim Jong-un sebagai sosok yang paranoid. Menurutnya, rezim Pyongyang telah menjadi ancaman nyata bagi setiap negara di dunia.

Haley lantas mendesak negara-negara lain untuk memutuskan hubungan dengan Pyongyang. ”Anda  mendukung Korea Utara atau Anda mendukung kami,” kata Haley. ”Anda harus memilih, Anda harus memilih keberpihakan.”



(mas)
loading gif
Top