alexa snippet

Ilmuwan Pengembang Rudal Nuklir Korut Disambut Bak Pahlawan

Ilmuwan Pengembang Rudal Nuklir Korut Disambut Bak Pahlawan
Rakyat Korut turun ke jalan untuk menyambut pada ilmuwan dan pekerja yang bekerja untuk peluncuran rudal pada akhir pekan lalu. Foto/Istimewa
A+ A-
PYONGYANG - Korea Utara (Korut) telah meluncurkan apa yang diklaimnya sebagai sebuah roket balistik baru yang mampu membawa hulu ledak nuklir berat. Mereka pun memberikan sambutan layaknya pahlawan kepada para ilmuwan yang berhasil mengembangkan rudal terbaru itu saat mereka kembali.

Menurut media pemerintah, ribuan orang turun ke jalan-jalan di Pyongyang dengan pakaian berwarna-warni dan tradisional. Mereka menyambut kembali ilmuwan dan para pekerja di balik ujian pada akhir pekan lalu itu seperti dikutip dari Sky News, Jumat (19/5/2017).

Korut mengklaim rudal tersebut merupakan roket balistik jarak menengah baru yang mampu membawa hulu ledak nuklir berat. Peluncuran pada hari Minggu itu berlangsung di sebuah wilayah bernama Kusong. Korut sebelumnya juga melakukan uji coba meluncurkan rudal jarak menengah yang diyakini akan dikembangkan dari daerah ini.

Pemimpin Korut, Kim Jong-un, dilaporkan memeluk para pejabat penelitian roket setelah menyaksikan tes tersebut. Ia mengatakan bahwa mereka telah bekerja keras untuk mencapai sesuatu yang hebat.

Peluncuran akhir pekan lalu adalah yang pertama sejak seorang presiden liberal mulai menjabat di Korea Selatan (Korsel). Moon Jae-in mengatakan dialog dan tekanan harus digunakan untuk meredakan ketegangan di Semenanjung Korea dan menghentikan pengembangan senjata oleh Korut.

Sementara Korut secara teratur menguji rudal jarak pendek, namun juga bekerja untuk menguasai teknologi yang dibutuhkan untuk membuat rudal nuklir yang bisa mencapai daratan Amerika Serikat (AS).
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top