alexa snippet

Rex Tillerson Desak Korut untuk Percaya AS

Rex Tillerson Desak Korut untuk Percaya AS
Sekretaris Negara AS Rex Tillerson mendesak Korut untuk mempercayai AS atas janji tidak ada permusuhan diantara kedua negara. Foto/Istimewa
A+ A-
SEOUL - Sekretaris Negara Amerika Serikat (AS), Rex Tillerson, mendesak Korea Utara (Korut) untuk "mempercayai AS" atas janjinya tidak ada permusuhan. Tillerson juga meminta Korut menahan diri untuk tidak melakukan tes nuklir dan rudal lagi guna menciptakan atmosfir pembicaraan yang tepat.

Begitu laporan kantor berita Korea Selatan (Korsel), Yonhap, mengutip pernyataan diplomat senior Seoul.

Komentar Tillerson itu muncul dalam sebuah pertemuan dengan utusan khusus Korea Selatan (Korsel) yang baru diangkat, Hong Seok-hyun. Hong adalah satu dari empat diplomat senior yang dikirim oleh Presiden Moon Jae-in yang baru terpilih minggu ini. Mereka

"Hal paling mengesankan yang saya dengar dari Tillerson adalah bahwa sanksi dan tekanan tidak dengan sendirinya ditujukan untuk melecehkan Korut, namun dirancang untuk menciptakan kesempatan bagi pembangunan Korut melalui pembukaan dan pengosongan program nuklirnya," kata Hong seperti dikutip dari Time, Jumat (19/5/2017).

Hong juga mengatakan bahwa Tillerson mengatakan banyak perusahaan siap untuk berinvestasi di Korut jika Pyongyang membuat pilihan yang tepat.

Menurut Hong misi utusan khusus tersebut termasuk sebuah perjalanan ke Gedung Putih, di mana Presiden AS Trump mengatakan bahwa dia berharap dapat bekerja sama dengan Presiden Moon.

Presiden Korsel telah berjanji untuk kembali terlibat pembicaraan dengan Korut dan menyatakan keterbukaannya untuk mengunjungi Pyongyang dalam kondisi yang tepat.

Situasi di Semenanjung Korea belum menunjukkan tanda-tanda akan kembali normal. Uji coba rudal yang dilakukan oleh Korut terus memicu ketegangan yang diwarnai dengan komentar-komentara bernada provokatif baik dari Pyongyang maupun Washington.



(ian)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top