alexa snippet

Pemukim Israel Tembak Mati Pria Palestina Gara-gara Lempar Batu

Pemukim Israel Tembak Mati Pria Palestina Gara-gara Lempar Batu
Pria Palestina ditembak mati seorang pemukim Israel setelah mobil pelaku dilempari batu oleh para demonstran, Kamis (18/5/2017). Foto/REUTERS
A+ A-
NABLUS - Seorang pria Palestina ditembak mati oleh seorang pemukim Israel ketika korban dan para demonstran lain melempar batu ke mobil pelaku. Seorang fotografer AP juga terluka akibat terkena tembakan.

Penembakan terjadi di selatan Kota Nablus, Tepi Barat—wilayah Palestina yang diduduki Israel—pada hari Kamis. Pria Palestina itu ditembak di bagian kepala.

Semula, ratusan warga Palestina demo di dekat sebuah pos pemeriksaan militer Israel di Huwara. Tak lama kemudian, seorang pemukim Israel dengan mobilnya melewati kerumunan demonstran.

Demo itu sebagai dukungan untuk tahanan Palestina di penjara-penjara Israel yang melakukan mogok makan massal sejak 17 April 2017.

Para demonstran Palestina dilaporkan mengepung mobil pemukim Israel dan merusaknya dengan lemparan batu. Pemukim itu kemudian keluar dari mobilnya dan melepaskan tembakan. Aksinya bersamaan dengan aksi serupa yang dilakukan tentara Israel di pos pemeriksaan.

Kementerian Kesehatan Palestina menyatakan, korban yang ditembak mati bernama Muataz Bani Shemsay, 23, asal desa terdekat. Korban meninggal dengan luka tembak di kepala.

Militer Israel mengakui insiden tersebut. Menurut militer Israel, demonstrasi sudah mengarah pada kerusuhan dan kekerasan.

Meski demikian, militer Israel mengklaim tentaranya tidak menggunakan senjata mematikan, namun hanya melakukan penanganan huru-hara.

"Salah satu warga Israel yang mobilnya rusak akibat lemparan batu menembak ke udara," kata pihak militer Israel melalui seorang juru bicara seperti dikutip AFP, Jumat (19/5/2017). "Dari apa yang kita pahami, itu bukan dari tembakan tentara, tapi kejadiannya masih dalam peninjauan."

Pemukim Israel yang mengumbar tembakan telah diperiksa pihak kepolisian. Menurut kepolisian Israel, senjata api mematikan milik pemukim itu berstatus ilegal.



(mas)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top