alexa snippet

Dubes Jepang: Indonesia Rasakan Ancaman Korea Utara

Dubes Jepang: Indonesia Rasakan Ancaman Korea Utara
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii sampaikan sambutan di acara ulang tahun Pasukan Beladiri Jepang. Foto/SINDOnews/Victor Maulana
A+ A-
JAKARTA - Duta Besar Jepang untuk Indonesia  Masafumi Ishii yakin Indonesia juga merasakan ancaman yang ditampilkan Korea Utara (Korut) dengan uji coba rudalnya. Tapi, dia menegaskan bahwa Indonesia berhak kerjasama dengan rezim Pyongyang yang dipimpin Kim Jong-un.

Dubes Masafumi mengatakan, Indonesia berhak menentukan arah diplomasinya sendiri termasuk berdiplomasi dengan Pyongyang. Hubungan Indonesia dan Korut selama ini berjalan baik dan memiliki sejarah panjang.

"Setiap negara memiliki hak untuk menentukan dengan siapa mereka akan membangun hubungan bilateral, jadi itu terserah Indonesia," kata Masafumi saat ditemui di sela-sela perayaan hari jadi Pasukan Bela Diri Jepang di salah satu hotel di bilangan Jakarta Pusat, pada Kamis (18/5/2017).

"Tapi, saya yakin Indonesia turut merasakan ancaman dan kesulitan yang ditampilkan Korut terhadap komunitas internasional. Jadi kami terus melakukan komunikasi dengan pemerintah Indonesia mengenai hal ini," ujarnya.

Hubungan Indonesia dan Korut sudah terjadi sejak era Presiden Soekarno. Bukan rahasia bahwa Soekarno adalah sahabat karib tokoh pendiri sekaligus presiden pertama Korut Kim Il Sung.

Hubungan baik kedua negara ini juga ditandai dengan bunga anggrek Kimilsungia. Nama bunga yang disebut sebagai simbol persahabatan abadi antara Indonesia dan Korut itu diambil dari nama Kim Il Sung.

Nama itu diberikan saat Il Sung diajak berkeliling di Kebun Raya Bogor oleh Presiden Soekarno pada 1965 lalu, di mana saat itu Il Sung tertarik dengan bungan anggrek yang akhirnya didekiaskan khusus untuk dirinya.



(mas)
loading gif
Top