alexa snippet

Pasukan AS Latihan Khusus untuk Hancurkan Senjata Pemusnah Massal Korut

Pasukan AS Latihan Khusus untuk Hancurkan Senjata Pemusnah Massal Korut
Pasukan Amerika Serikat di Korea Selatan menggelar latihan khusus untuk menghancurkan senjata pemusnah massal Korea Utara. Foto/Ilustrasi/REUTERS
A+ A-
SEOUL - Pasukan Amerika Serikat (AS) yang ditempatkan di Korea Selatan diam-diam melakukan latihan militer khusus untuk menghancurkan senjata pemusnah massal (WMD) Korea Utara (Korut). Latihan militer khusus ini diungkap Divisi Infanteri 2 tentara AS tanpa merinci tanggal manuver tersebut.

Latihan militer khusus mencakup serangan yang diluncurkan dari sebuah kapal perang Korea Selatan di dekat perbatasan kedua Korea.

”Latihan ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan batalion dalam operasi kontra WMD,” kata Divisi Infanteri 2 dalam sebuah posting Facebook yang dikutip kantor berita Yonhap, semalam (18/5/2017).

Manuver khusus pasukan AS melibatkan kapal perang Dokdo dan tercatat sebagai latihan pertama yang melibatkan kapal angkatan laut Korea Selatan.

Pasukan Amerika juga menjalani simulasi infiltrasi ke fasilitas rekaan Korut dengan tujuan untuk menetralkan senjata pemusnah massal Pyongyang. Personel militer Korea Selatan diyakini ambil bagian dalam manuver itu, namun tidak memberikan konfirmasi.

Latihan tidak biasa ini terjadi di tengah kekhawatiran bahwa rezim Kim Jong-un yang berkuasa di Korut berpacu untuk mengumpulkan senjata kimia selain memperkuat persenjataan nuklir dan rudalnya.

Sementara itu, Dewan Keamanan PBB mulai menyelidiki kasus di mana Korut telah mengajukan permohonan untuk mematenkan zat kimia, yang berpotensi digunakan untuk memproduksi agen saraf beracun. Badan PBB, World Intellectual Property, menolak permohonan Pyongyang pada November 2015 untuk mematenkan Sodium Sianida.
 
Dewan Keamana PBB khawatir langkah Korut itu bagian dari upaya pembuatan senjata kimia pemusnah massal. Sodium Sianida dapat digunakan dalam proses pelapisan logam, namun juga bisa menjadi bahan potensial untuk membuat senjata kimia.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top