alexa snippet

Gadis Chibok Berhasil Melarikan Diri dari Boko Haram

Gadis Chibok Berhasil Melarikan Diri dari Boko Haram
Seorang gadis Chibok yang telah diculik oleh militan Boko Haram sejak 2014 lalu berhasil melarikan diri. Foto/Istimewa
A+ A-
ABUJA - Salah satu siswi sekolah Chibok yang diculik oleh kelompok militan Boko Haram pada tahun 2014 berhasil meloloskan diri. Demikian pernyataan yang dikeluarkan pejabat Nigeria.

"Pasukan Nigeria menemukan gadis itu saat dia melarikan diri," kata penasihat khusus Presiden Nigeria bidang media dan publisitas, Femi Adesina, tanpa memberikan rincian tambahan seperti dikutip dari Time, Kamis (18/5/2017).

Boko Haram memicu kecaman internasional setelah menculik 276 siswi dari Chibok, sebuah kota di negara bagian Borno, timur laut Nigeria. Sampai saat ini, 103 anak perempuan telah dibebaskan, termasuk 82 orang sebagai bagian dari pertukaran tahanan pada tanggal 7 Mei lalu.

Baca juga:
Ditukar Napi Boko Haram, 82 Gadis Korban Penculikan Chibok Dibebaskan


"Saya tidak bisa mengungkapkan dengan kata-kata betapa bahagianya saya untuk menyambut gadis-gadis terkasih kami kembali ke kebebasan," kata Presiden Nigeria Muhammadu Buhari menyusul pertukaran tersebut.

Masih belum jelas berapa banyak tahanan Boko Haram yang dibebaskan dengan imbalan puluhan anak perempuan itu. Dijadwalkan, mereka akan dipersatukan kembali dengan keluarganya pada minggu ini.

Boko Haram adalah kelompok militan yang bertujuan untuk membentuk sebuah kekhalifahan Islam di timur laut Nigeria. Kelompok ini telah menculik ribuan orang selama pemberontakan delapan tahunnya. Menurut pemerintah, lebih dari 30.000 orang telah terbunuh dan ratusan ribu lainnya telah mengungsi.



(ian)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top