Joe Biden: Dunia Harus Melawan Agresi Telanjang Rusia

Selasa, 19 September 2023 - 23:10 WIB
loading...
Joe Biden: Dunia Harus Melawan Agresi Telanjang Rusia
Presiden AS Joe Biden menyerukan dunia harus melawan agresi Rusia di Ukraina dalam pidatonya di Majelis Umum PBB. Foto/AP
A A A
NEW YORK - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan dunia harus menentang “agresi telanjang” Rusia dan mendukung rakyat Ukraina.

Berbicara di hadapan Majelis Umum PBB, ia mengatakan bahwa Moskow sendiri yang memikul tanggung jawab atas perang tersebut, menghalangi perdamaian, dan memiliki kekuatan untuk segera mengakhiri konflik tersebut.

Presiden AS itu lantas mendesak anggota PBB untuk terus mendukung Ukraina karena kegagalan dalam melakukan hal ini akan memungkinkan Rusia melakukan tindakan brutal terhadap negara tersebut tanpa kompromi.

"Jika kita membiarkan Ukraina terpecah belah, apakah kemerdekaan negara mana pun akan terjamin? Saya dengan hormat menyarankan jawabannya adalah tidak - kita harus melawan agresi terang-terangan ini hari ini, dan mencegah calon agresor di masa depan," kata Biden seperti dikutip dari Sky News, Selasa (19/9/2023).

Dia bersumpah bahwa AS akan terus mendukung rakyat Ukraina dalam mempertahankan kedaulatan, integritas wilayah, dan kebebasannya.

Pernyataan presiden AS tersebut mendapat tepuk tangan dari delegasi PBB, termasuk koleganya dari Ukraina Volodymyr Zelensky, yang hadir di antara hadirin.



Dalam pidatonya yang luas, Biden memperingatkan bahwa dunia berada pada titik perubahan dalam sejarah dan tidak ada negara yang dapat menghadapi tantangan saat ini sendirian.

“Masa depan kami terikat pada masa depan Anda,” serunya.

Salah satu bidang yang menjadi fokus adalah perubahan iklim. Presiden AS mengatakan kepada para delegasi bahwa hal ini “penting” untuk memperlambat krisis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)