Sambangi AS, Menlu Retno Sebar Pesan Islam Rahmatan Lil Alamin

Jum'at, 05 Mei 2017 - 01:05 WIB
Sambangi AS, Menlu Retno Sebar Pesan Islam Rahmatan Lil Alamin
Sambangi AS, Menlu Retno Sebar Pesan Islam Rahmatan Lil Alamin
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi melakukan pertemuan dengan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Paul Ryan di Capitol Hill, Washington DC, Kamis (4/5/2017). Dalam pertemuan itu, Retno menegaskan Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia yang menjunjung tinggi pluralisme.

“Sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia dan negara demokratis terbesar ketiga di dunia yang menjunjung tinggi pluralisme dan kebhinekaan, Indonesia merupakan mitra penting dalam menjaga perdamaian dan keamanan serta membangun kemakmuran bersama di kawasan,” kata Menlu Retno, yang rilis hasil pertemuannya diterima SINDOnews, Jumat (5/5/2017).

Indonesia, ujar Retno, ingin mengembangkan kerja sama di bidang perdagangan dan investasi yang bersifat saling menguntungkan. ”Perekonomian kedua negara bersifat saling melengkapi (complementary) sehingga terdapat potensi yang sangat besar untuk terus kembangkan kerja sama,” katanya.

Terkait dengan kerja sama di bidang pemberantasan radikalisme dan terorisme, Menlu perempuan pertama Indonesia ini menegaskan bahwa hal tersebut merupakan tantangan bagi semua negara. Menurutnya, solusi untuk isu terosime adalah dengan pendekatan hard dan soft power secara bersamaan.

”Saya menggarisbawahi perlunya upaya global untuk membangun counter-narrative yang menyampaikan pesan bahwa Islam merupakan rahmatan lil alamin dan terorisme tidak terkait dengan agama apapun, termasuk Islam,” papar Retno.

”Pengkaitan agama dengan aksi terorisme bukan saja tidak benar, namun dapat menjadi sumber permasalahan baru,” imbuh Menlu Retno.

Menlu Indonesia ini juga menyampaikan pentingnya dukungan Kongres AS agar berbagai kerja sama bilateral antarkedua negara dapat terus berkembang. “Sebagai dua negara demokratis, dukungan parlemen dan Kongres penting dalam memperkuat kemitraan strategis kedua negara,” ujar Retno.

Selain hubungan bilteral, Menlu RI dengan Ketua DPR AS juga membahas situasi di Timur Tengah, khususnya di Palestina. Retno menggarisbawahi komitmen dan dukungan Indonesia terhadap upaya kemerdekaan Palestina. Dia menegaskan bahwa two state solution adalah solusi yang terbaik bagi penyelesaian konflik Palestina-Israel.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5007 seconds (0.1#10.140)