4 Surat yang Dianjurkan Dibaca pada Malam Jumat Selain Yasin

Jum'at, 15 September 2023 - 07:25 WIB
loading...
4 Surat yang Dianjurkan Dibaca pada Malam Jumat Selain Yasin
Ada 4 surat dalam Al-Quran selain Surat Yasin yang dianjurkan dibaca pada malam Jumat atau amalan Jumat yang banyak keutamaannya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Selain surat Yasin, terdapat sejumlah surat dalam Al Qur'an yang dianjurkan dibaca pada malam Jumat. Beberapa surat tersebut memiliki keutamaan yang luar biasa kepada siapapun yang mengamalkannya.

Hari Jumat merupakan hari paling istimewa bagi umat Islam. Jumat juga bisa disebut sebagai penghulunya hari atau sayyidul ayyam.

Jika malam Jumat tiba, semua kaum muslimin dianjurkan untuk memperbanyak amalan hari jumat atau ibadah. Hari Jumat juga merupakan hari turunnya Nabi Adam As dari Surga ke bumi dan diterima taubatnya oleh Allah SWT.

Imam Al Ghazali dalam kitabnya Bidayatul HIdayah telah menganjurkan untuk membaca beberapa surat Al Quran : “Disunnahkan pada hari jumat atau pada malamnya, untuk melakukan shalat empat rakaat dengan membaca surat-surat berikut: Surat al-An’am, al-Kahfi, Taaha dan Surat Yaasin. Jika tidak mampu maka bisa hanya dengan membaca Surat Yasin dan ad-Dukhan dan Surat al-Mulk”.

4 Surat yang Dianjurkan Dibaca pada Malam Jumat

1. Surat Al Kahfi

Surat Al-Kahfi adalah surat ke-18 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 110 ayat. Surat ini termasuk golongan surat Makkiyah, yaitu surat yang diturunkan di Makkah sebelum hijrah.

Surat ini mengandung beberapa kisah yang mengajarkan tentang keimanan, keadilan, kekuasaan, dan hikmah Allah. Di antara kisah-kisah tersebut adalah kisah Ashabul Kahfi (para penghuni gua), kisah dua orang pemilik kebun, kisah Nabi Musa dan Khidir, dan kisah Dzul Qarnain.

Salah satu keutamaan membaca Surat Al Kahfi pada malam Jumat, orang yang membacanya akan mati Syahid. Hal tersebut telah dijelaskan oleh Abi Abdullah dalam Tsawabul-A'mal:

“Barangsiapa yang membaca Surat Al-Kahfi setiap malam Jumat, maka ia tidak akan mati kecuali menjadi seorang syahid, Allah akan membangkitkannya bersama orang-orang syahid dan ia akan berdiri di hari kiamat bersama orang-orang syahid.” (Tsawabul-A’mal: 136)

2. Surat Thaha

Surat Thaha merupakan surat yang ke-20 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 135 ayat. Surat ini dinamai Thaha, diambil dari huruf-huruf abjad yang terdapat pada ayat pertama.

Membaca surat Thaha pada malam Jumat juga bisa mendapatkan pahala yang sama dengan membaca surat Al-Kahfi, yaitu dilindungi dari fitnah Dajjal dan diberi cahaya di antara dua Jumat.

Hal ini karena surat Thaha dan surat Al-Kahfi memiliki kesamaan dalam beberapa hal, seperti kisah Nabi Musa dan Khidir, kisah Nabi Musa dan Firaun, dan kisah Nabi Musa dan Samiri. Oleh karena itu, membaca surat Thaha pada malam Jumat adalah sunnah yang baik dan bermanfaat.

3. Surat Al Mulk

Membaca surat Al Mulk juga memiliki keutamaan yang luar biasa, termasuk jika dibaca pada malam Jumat. Salah satu keutamaan membaca Surat Al Mulk adalah dapat dijauhkan dari siksa kubur.

Dalam riwayat Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda:

Ibnu Abas berkata, “Seorang sahabat Rasulullah memukulkan bangsal (tandu) ke atas sebuah kuburan, sedangkan ia tidak mengira bahwa itu adalah kuburan. Lalu ketika ia mengetahui bahwa itu adalah kuburan manusia, segera ia membaca Surat Al-Mulk hingga selesai. Lalu ketika Rasulullah datang, ia menceritakannya. Kemudian Rasulullah bersabda, ‘Ia (Surat Al-Mulk) adalah penghalang dan pelindung, yang melindunginya dari siksa kubur.’”

4. Surat Ad Dukhan

Surat Ad Dukhan merupakan surat ke-44 dalam Al-Quran yang terdiri dari 59 ayat dan termasuk surat Makkiyah. Surat ini memiliki banyak keutamaan bagi setiap pembacanya.

Salah satu keutamaan dan manfaat membaca surat ini yaitu dapat dinikahkan dengan bidadari Surga. Hal ini diriwayatkan oleh Ad-Darimi dalam salah satu haditsnya.

Dari Abi Rafi’, ia berkata, “Siapa yang membaca Surah Ad-Dukhan pada malam Jumat, maka pada waktu shubuh ia telah diampuni dosanya, dan dinikahkan dengan salah satu bidadari-bidadari yang bermata indah.” (HR. Ad-Darimi)

Itulah ulasan tentang empat surat yang dianjurkan dibaca pada malam Jumat selain Surat Yasin. Semoga bermanfaat.

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1047 seconds (0.1#10.140)