Perkuat Persatuan di Papua, TNI AD Gelar Dialog Interaktif di Jayapura

Kamis, 14 September 2023 - 12:03 WIB
loading...
Perkuat Persatuan di Papua, TNI AD Gelar Dialog Interaktif di Jayapura
Waasintel Kasad Bidang Jemen Intel. Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva saat jadi narasumber dialog interaktif yang mengangkat tema Peran Seluruh Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial, di Jayapura, Papua. Foto/Ist
A A A
JAYAPURA - TNI Angkatan Darat (AD) menggelar dialog interaktif pemantapan nilai-nilai wawasan kebangsaan melalui program Pembinaan Komunikasi (Binkom) Cegah Konflik Sosial di Jayapura. Kegiatan tersebut untuk membangun kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan sebagai fondasi kebangsaan.

Dialog interaktif yang mengangkat tema “Peran Seluruh Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial,” ini menghadirkan sejumlah narasumber antara lain, Waasintel Kasad Bidang Jemen Intel. Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva dan Kapolresta Jayapura Kombes Pol. Victor D. Mackbon

Sebanyak 300 peserta dari Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda, mahasiswa, dan organisasi masyarakat dan Mahasiswa tampak antusias mengikuti dialog interaktif yang diselenggarakan di Aula Sian Soor Pemkot Jayapura.

Waasintel Kasad Bidang Jemen Intel. Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva mengatakan, dialog interaktif ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya konflik sosial di wilayah Jayapura.



"Program Binkom ini bertujuan untuk membagi informasi serta berdialog secara akademis dengan komponen masyarakat dengan harapan dapat bahu membahu mencegah sedini mungkin segala konflik yang bakal terjadi ke depan," ujarnya, Kamis (14/9/2023).

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan implementasi tugas TNI AD sesuai Undang Undang TNI No. 34 Tahun 2004 Sub pasal (2) Tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan: b. Operasi militer selain perang yaitu, (9) membantu tugas pemerintah daerah dalam mencegah dan meredam potensi konflik sosial yang terjadi di wilayah Jayapura.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kerja sama dan sinergitas yang baik antara TNI AD dengan komponen masyarakat serta pemerintah daerah untuk mencegah terprovokasinya masyarakat akibat informasi yang tidak benar, baik dari media sosial ataupun informasi berantai yang belum diketahui kebenarannya," katanya.

Menurut Antoninho, pembekalan kepada komponen masyarakat Jayapura ini juga sekaligus dalam rangka menghadapi tahun politik 2024 sehingga diharapkan dapat mencegah secara dini segala bentuk konflik di masa mendatang.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.9029 seconds (0.1#10.140)