Demonstran Serang Parlemen Macedonia dan Pukuli Legislator

Jum'at, 28 April 2017 - 04:36 WIB
Demonstran Serang Parlemen Macedonia dan Pukuli Legislator
Demonstran Serang Parlemen Macedonia dan Pukuli Legislator
A A A
SKOPJE - Sejumlah demonstran, banyak diantaranya menggunakan topeng, berhasil menembus barisan polisi dan memasuki parlemen Macedonia. Mereka lantas menyerang anggota parlemen untuk memprotes pemilihan pemimpin parlemen meskipun pembicaraan untuk membentuk pemerintahan baru mengalami jalan buntu.

Para pemrotes menyerbu parlemen pada Kamis malam setelah partai oposisi negara tersebut, Demokrat Sosial, dan yang lainnya mewakili minoritas etnis Albania di Makedonia memilih seorang pemimpin parlemen baru. Sambil berteriak dan melempar kursi, para pemrotes menyerang anggota parlemen, termasuk pemimpin oposisi Zoran Zaev, seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (28/4/2017).

Tayangan televisi menunjukkan Zaev mengalami pendarahan dari dahi dan anggota parlemen Demokrat Sosial lainnya yang dikelilingi oleh pemrotes melambai-lambaikan bendera nasional, meneriakkan "pengkhianat" dan menolak membiarkan mereka pergi.

Pemimpin oposisi, Zoran Zaev (tengah), berdarah setelah diserang.

Macedonia telah tanpa sebuah pemerintahan sejak Desember tahun lalu, ketika Perdana Menteri partai konservatif Nikola Gruevski memenangkan pemilu. Namun, Gruevski tidak memiliki suara yang cukup untuk membentuk pemerintahan.

Perundingan koalisi merosot karena tuntutan etnis Albania bahwa orang Albania harus diakui sebagai bahasa resmi kedua. Seperempat penduduk Macedonia adalah etnis Albania.

Zaev telah mencari mandat untuk membentuk sebuah pemerintahan selama berbulan-bulan, setelah mencapai kesepakatan dengan partai etnik Albania, the Democratic Union for Integration, untuk membentuk sebuah pemerintahan koalisi. Namun, presiden, Gjorge Ivanov, menolak untuk menyerahkan mandatnya.

Pembentukan republik Macedonia, sebagaimana diketahui oleh parlemen negara Balkan, telah menemui jalan buntu selama tiga minggu untuk memilih pemimpin parlemen baru. Zaev sebelumnya menyarankan bahwa seseorang dapat dipilih di luar prosedur normal, sebuah gagasan segera ditolak oleh partai konservatif sebagai usaha kudeta.

Zaev memimpin pemilihan, dan mayoritas di parlemen memilih Talat Xhaferi, mantan menteri pertahanan dan anggota Uni Demokrat untuk Integrasi.

Polisi mengatakan sekitar 10 petugas terluka dalam huru-hara dan bahwa bala bantuan telah dikirim untuk membantu mereka yang berada di dalam gedung parlemen. Para pemrotes yang menyerbu parlemen termasuk di antara sekelompok demonstran yang telah mengadakan demonstrasi setiap malam selama dua bulan terakhir di jalan-jalan Skopje dan kota-kota lain di negara tersebut mengenai situasi politik. Banyak dari mereka adalah pendukung Gruevski.

Komisioner Uni Eropa, Johannes Hahn, mengutuk kekerasan tersebut, dengan mengatakan dalam sebuah tweet: "Kekerasan tidak ada tempat di Parlemen. Demokrasi harus berjalan di jalannya. "

Duta Besar Swedia untuk Macedonia, Mats Staffansson, yang berbicara atas nama diplomat Eropa lainnya, mengingatkan politisi negara tersebut tentang perlunya dialog. "Adalah tanggung jawab polisi negara ini untuk memastikan bahwa jenis kekerasan ini tidak terjadi," katanya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2955 seconds (0.1#10.140)