Atasi Polusi Udara, 700 Gedung Swasta di Jakarta Setuju Pasang Water Mist Generator

Rabu, 13 September 2023 - 12:44 WIB
loading...
Atasi Polusi Udara, 700 Gedung Swasta di Jakarta Setuju Pasang Water Mist Generator
Sebanyak 700 pemilik gedung swasta di Jakarta bersedia memasang water mist generator atau alat penyemprot air otomatis, dalam upaya mengurangi polusi udara. Foto: Antara
A A A
JAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyebutkan sebanyak 700 pemilik gedung swasta di Ibu Kota sudah bersedia memasang water mist generator atau alat penyemprot air otomatis, dalam upaya mengurangi polusi udara.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, para pemilik gedung swasta telah mengikuti sosialiasi yang dilakukan oleh masing-masing wali kota.

“Itu sekitar 700 pemilik gedung, mereka mendukung program water mist ini,” kata Asep kepada wartawan, Rabu (13/9/2023).



Asep menuturkan, saat ini memang masih ada kendala dari sisi ketersediaan atau pengadaan alat water mist tersebut. Untuk pompa air, kata Asep, saat tengah dipersiapkan oleh Kemenko Marves bersama
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).



“Memang masih terkendala terhadap penyediaan alat itu. Itu yang sedang diupayakan oleh Kemenko Marves dan BRIN untuk dapat dimasifkan penyediaan alat water mist itu,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengklaim pemasangan alat water mist generator sejak 1 September 2023 mampu mengurangi polusi udara di sekitaran Balai Kota.

Baca Juga: Heru Budi Wajibkan Swasta Pasang Water Mist, Biaya Ditanggung Masing-masing

Hal tersebut terukur oleh Stasiun Pemantauan Kualitas Udara (SPKU) mobile yang terpasang di sekitaran Balai Kota, yang menunjukkan angka penurunan polusi di sekitar Balai Kota.

"Bisa dilihat di sana ada SPKU, kami pasang SPKU, tapi memang baru di Gedung Balai Kota kami memasang SPKU mobile," ujar Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta Erni Pelita Fitratunnisa.

Dia meyakini bahwa sejak pemasangan water mist generator di Gedung Balai Kota, alat buatan BRIN itu mampu menurunkan PM 2,5 dan hasilnya sangat efektif.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1934 seconds (0.1#10.140)