Paus Fransiskus: Kamp Pengungsi seperti Kamp Konsentrasi Hitler

Minggu, 23 April 2017 - 07:27 WIB
Paus Fransiskus: Kamp Pengungsi seperti Kamp Konsentrasi Hitler
Paus Fransiskus: Kamp Pengungsi seperti Kamp Konsentrasi Hitler
A A A
ROMA - Paus Fransiskus (Francis), pemimpin Vatikan, menyamakan kamp-kamp pengungsi di Eropa dengan kamp konsentrasi Nazi pimpinan Adolf Hitler. Kamp-kamp di Eropa itu menjadi pusat penahanan para pengungsi dari berbagai negara, terutama asal Timur Tengah.

”Kamp pengungsi adalah kamp konsentrasi, karena sangat padat,” kata Paus Francis saat berbicara dalam sebuah ibadah khusus di Pulau Tiber, Roma tengah, hari Sabtu, yang dilansir Reuters, Minggu (23/4/2017).

Kegiatan Paus Francis itu untuk memperingati “martir” Kristen modern. Dalam kegiatan itu, Paus ingat bahwa dia pernah bertemu dengan seorang pria dengan tiga anaknya dalam sebuah kunjungan tahun lalu ke sebuah kamp pengungsi di Pulau Lesbos, Yunani.

Pria tersebut mengatakan kepada Paus bahwa dia adalah seorang Muslim dan istrinya Kristen. Pria itu mengeluh bahwa istrinya dibunuh di depan matanya oleh seseorang yang dia sebut “teroris” setelah menolak melepaskan salibnya.

Paus Francis tidak menyebutkan kewarganegaraan pria itu. ”Saya tidak tahu apakah (dia) bisa meninggalkan kamp konsentrasi itu (atau tidak),” katanya mengenang nasib pengungsi yang pernah dia temui.

Dalam layanan ibadah di Basilica St Bartholomew yang dia pimpin, Paus mengenakan stola merah yang pernah dimiliki oleh Ragheed Aziz Ganni, seorang imam Kasdim yang dibunuh di Mosul, Irak, pada tahun 2007. Paus menjulukinya sebagai “martir gereja”.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5227 seconds (0.1#10.140)