Cara Memanaskan Mesin Mobil yang Benar, Berapa Lama?

Selasa, 12 September 2023 - 16:49 WIB
loading...
Cara Memanaskan Mesin Mobil yang Benar, Berapa Lama?
Mesin mobil perlu dipanasi sebelum digunakan agar kinerja mesin optimal. (Foto: Dok SINDOnews)
A A A
JAKARTA - Ritual memanaskan mesin mobil tak boleh dilewatkan begitu saja lantaran akan berpengaruh terhadap performa kendaraan. Biasanya memanaskan mesin mobil dilakukan setelah kendaraan diam dalam waktu lama. Namun, terkadang hal ini sering diabaikan dengan alasan buru-buru.

Idealnya, sebelum melakukan perjalanan, mesin mobil dipanaskan dengan durasi tertentu untuk membuat kendaraan benar-benar siap untuk digunakan. Saat mesin mobil dipanaskan, oli akan melumasi seluruh komponen dengan merata dan mengalir dengan baik.

Dikutip dari laman Auto2000, hal ini dapat membantu mempersiapkan berbagai komponen mobil untuk bekerja maksimal. Jika mesin langsung digunakan tanpa dipanaskan terlebih dahulu, maka bagian-bagian yang masih dingin dapat mengalami kerusakan.

Memanaskan mesin mobil juga dapat membantu mengisi dan meningkatkan daya aki, sehingga menjadi lebih awet. Apabila mobil langsung digunakan tanpa dipanaskan terlebih dahulu, aki tidak terisi dengan optimal.



Lantas bagaimana cara yang benar memanaskan mesin mobil?

1. Usia mobil

Lama waktu yang dibutuhkan memanaskan mesin mobil tergantung pada beberapa faktor, salah satunya usia mobil. Mobil baru biasanya membutuhkan waktu lebih singkat dibandingkan mobil lama.

Apabila mobil digunakan setiap hari, maka waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan mesin juga jauh lebih singkat. Pasalnya, komponen di dalam mesin terus terlumasi dengan baik sehingga mobil lebih cepat siap untuk digunakan.

Biasanya, memanaskan mesin mobil baru hanya dibutuhkan waktu 2-5 menit. Sedangkan mobil lawas hingga 10 menit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)