alexa snippet

Keputusan OPCW Soal Serangan Senjata Kimia Bikin Rusia Kecewa

Keputusan OPCW Soal Serangan Senjata Kimia Bikin Rusia Kecewa
Seorang anak kecil tengah diberikan bantuan oksigen setelah terpapar gas kimia dalam serangan di Idlib awal April lalu. Foto/Istimewa
A+ A-
MOSKOW - Organisasi Larangan Senjata Kimia (OPCW) menyepakati draft keputusan untuk melakukan penyelidikan baru dugaan serangan senjata kimia di Suriah. Keputusan itu dilakukan melalui mekanisme voting atau pemungtan suara.

Menanggapi hal ini sekutu Suriah, Rusia, melalui Kementerian Luar Negerinya mengaku kecewa. Rusia menilai draft keputusan tersebut dilakukan di bawah diksi yang tidak masuk akal dan sangat tidak meyakinkan.

Sebelumnya, OPCW mengatakan pertemuan untuk memberikan suara atas usulan yang diajukan oleh Rusia dan Iran segera setelah penyelidikan penuh atas serangan 4 April lalu di Idlib, Suriah. Menurut delegasi Inggris ke OPCW, dewan eksekutif organisasi telah "sangat menolak" usulan tersebut.

"Hasil pemungutan suara yang baru saja terjadi membuat kita kesal. Harus dikatakan secara langsung bahwa proposal yang menentang tersebut berasal dari kelompok Barat," kata perwakilan tetap dan duta besar Rusia untuk OPCW, Alexander Shulgin, seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (21/4/2017).

Shulgin mempertanyakan kredibilitas investigasi yang sedang berlangsung yang dilakukan oleh OPCW. Pasalnya, invetigasi tersebut tidak jelas dilakukan di mana, bagaiman, dan kapal sampel mereka dipilih, terutama karena misi pencari fakta itu sendiri tidak pernah diserahkan ke Suriah.

"Kenyataan bahwa delegasi beberapa negara, terutama dari kelompok Barat, selalu menghindari penggunaan solusi yang diajukan oleh kita dan orang-orang Iran, menunjukkan bahwa mereka sebenarnya tidak tertarik untuk membangun kebenaran," cetus Shulgin, menambahkan bahwa Rusia bersedia mengambil tindakan yang dianggap perlul untuk menjelaskan apa yang terjadi di Khan Sheikhun.

Direktur Jenderal OPCW Ahmet Uzumcu mengatakan pada hari Rabu bahwa misi pencarian fakta organisasi dari penyelidikan terhadap serangan kimia telah menemukan jejak gas sarin di tubuh korban.

Baca juga:
OPCW Pastikan Gas Sarin Digunakan dalam Serangan Idlib




(ian)
loading gif
Top