alexa snippet

Trump Puji Upaya China Redam Ancaman Korut

Trump Puji Upaya China Redam Ancaman Korut
Rudal balistik Intercontinental (ICBM) milik Korut dipamerkan dalam sebuah pawai militer yang menandai ulang tahun kelahiran pendiri negara Kim Il-sung, di Pyongyang, 15 April 2017 lalu. Foto/REUTERS/Damir Sagolj
A+ A-
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, memuji upaya China untuk mengendalikan ancaman Korea Utara (Korut). Sebelumnya media pemerintah Korut memperingatkan AS akan melakukan serangan pendahuluan yang sangat dahsyat.

Baca juga:
Korut kepada AS: Jangan Main-main dengan Kami!

"Beberapa langkah yang sangat tidak biasa telah dilakukan selama dua atau tiga jam terakhir," kata Trump dalam sebuah konferensi pers seperti dikutip dari Reuters, Jumat (21/4/2017).

Trump juga meyakini jika Presiden China, Xi Jinping, akan berusaha keras untuk menekan Korut yang merupakan sekutu Beijing sekaligus tetangganya  atas program nuklir dan rudalnya.

"Kami tidak tahu apakah mereka bisa melakukan itu, tapi saya yakin sepenuhnya bahwa ia akan berusaha dengan sangat keras," ujarnya.

Sementara Trump tidak memberikan indikasi tentang apa kemungkinan pergerakan yang dimaksud, pejabat AS mengatakan bahwa Washington mengetahui jika aktivitas pesawat pembom China lebih tinggi dari biasanya. Ini menandakan kemungkinan meningkatnya persiapan uji coba nuklir. Para pejabat mengecilkan kekhawatiran dan membiarkan berbagai kemungkinan alasan.

Baca juga:
Korut Isyaratkan akan Uji Nuklir, Pesawat Pembom China Berkeliaran

Kemungkinan itu termasuk latihan defensif atau kekhawatiran China mengenai Korut. Tak satu pun dari pejabat tersebut, yang berbicara tanpa menyebut nama, menyarankan alarm atau memberi isyarat bahwa mereka tahu alasan yang tepat untuk aktivitas China tersebut.

Pejabat AS telah mengatakan selama berminggu-minggu bahwa Korut dapat segera melakukan uji coba bom nuklir lainnya, sesuatu yang telah diperingatkan kedua pihak baik AS dan China.

Ketegangan meningkat tajam dalam beberapa bulan terakhir setelah Korut melakukan dua uji coba senjata nuklir tahun lalu dan melakukan uji coba rudal balistik. Trump, yang mulai menjabat pada bulan Januari, telah bersumpah untuk mencegah Korut menyerang AS dengan sebuah rudal nuklir.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top